Motor Konsep di Imos 2016, dari Skuter Listrik sampai Sportbike

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Jum'at 04 November 2016 06:31 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 04 15 1532576 motor-konsep-di-imos-2016-dari-skuter-listrik-sampai-sportbike-VIxze8p8ZS.jpg Motor konsep TVS (Foto: Santo/Okezone)

JAKARTA - Pameran Indonesia Motorcycle Show (Imos) 2016 diikuti oleh semua anggota Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) yaitu Honda, Kawasaki, Suzuki, TVS, dan Yamaha, serta beberapa merek nonanggota.

Selain meluncurkan produk baru, beberapa peserta juga menunjukkan motor-motor konsep.

Ada dua agen pemegang merek (APM) yang menampilkan sepeda motor konsep yaitu Astra Honda Motor (AHM) dan PT TVS Motor Company Indonesia (TMCI).

Pada kesempatan ini Honda menampilkan skuter bertenaga listik EV Cub. Motor mungil ini pertama kali diperkenalkan di Tokyo Motor Show 2009. Kemudian pada 2015 muncul versi terbarunya yang dipamerkan di ajang yang sama.

Secara keseluruhan tidak banyak perubahan yang terjadi dibandingkan dengan versi konsep enam tahun lalu. Di antaranya, lampu depan sudah tidak panjang lagi dan menggunakan lampu LED biru. Swingarm juga tampil baru. Sementara dari sektor jantung penggerak tidak ada perubahan.

Pada Maret 2016 Honda EV-Cub sudah sampai di Indonesia dan sempat dipajang di Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat. Sumber tenaganya berasal dari baterai yang diletakkan di tengah. Rencanannya motor tersebut akan diproduksi massal pada 2018.

Sementara itu TVS Indonesia datang dengan tiga motor konsep yang sebelumnya sudah ditampilkan di ajang Delhi Auto Show tahun lalu, yaitu X-21, Entor-Q 210, dan Akula 310. Dari ketiganya satu yang cukup mencolok yaitu Akula 310.

TVS Akula merupakan produk kolaborasi TVS dan BMW Motorrad yang dibekali mesin berkapasitas 313 cc, 1 silinder, yang mampu menghasilkan tenaga 34 hp dengan torsi 28 nm. Transmisi manual enam percepatan.

Rencanannya sportbike tersebut akan dipasarkan di Indonesia pada semester pertama 2017. Motor ini akan meramaikan pasar sepeda motor sport bermesin 300 cc yang saat ini sudah diisi oleh Kawasaki Ninja 300. TVS tidak akan mendatangkannya dari India melainkan memproduksinya di pabrik TVS di Karawang, Jawa Barat. Nantinya motor ini juga akan diekspor ke kawasan ASEAN, seperti Filipina, Vietnam, dan Myanmar.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini