Sepeda Motor Sumbang Pendapatan Negara hingga Rp27 Triliun

Pius Mali, Jurnalis · Sabtu 05 November 2016 22:47 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 05 15 1534004 sepeda-motor-sumbang-pendapatan-negara-hingga-rp27-triliun-GMFwpZCxTF.jpg Sepeda motor sumbang pendapat negara hingga Rp27 triliun rupiah (Okezone)

JAKARTA - Sepeda motor masih menjadi moda transportasi favorit di Indonesia. Banyaknya sepeda motor yang terjual berimbas pada pendapat negara.

Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Gunadi Sindhuwinata menjelaskan pemasukan negara dari sepeda motor bisa mencapai puluhan triliun rupiah.

"Industri sepeda motor memiliki potensi dan kontribusi yang sangat besar pada industri nasional melalui penciptaan lapangan kerja. Sepeda motor juga menyumbang pendapatan daerah dan pusat. Perlu diketahui pajak yang dibayarkan oleh industri dan juga konsumen bisa mencapai sekira Rp27 triliun," ujar Gunadi di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Selain dari pajak, tambah Gunadi, banyaknya sepeda motor juga memberi peluang usaha dan peluang tenaga kerja baru, bukan hanya sektor industri pendukung tetapi juga layanan seperti bengkel umum dan aksesori yang berkaitan dengan kebutuhan pengguna sepeda motor di Indonesia.

"Saat ini dari seluruh rangkaian (kebutuhan) sepeda motor yang ada, kira-kira 2 juta orang itu menggantungkan nafkah hidupnya dari sepeda motor," sebutnya.

Diketahui, dalam setahun pelaku industri sepeda motor di Indonesia bisa menjual rata-rata 7 juta unit sepeda motor. Namun pada 2016, AISI menargetkan penjualan 6 juta unit.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini