Share

Komentar Gaikindo soal Rencana Toyota & Daihatsu Dirikan Perusahaan Baru

Santo Evren Sirait, Okezone · Senin 07 November 2016 06:07 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 06 15 1534379 komentar-gaikindo-soal-rencana-toyota-daihatsu-dirikan-perusahaan-baru-UHVpwYfSe9.jpg Gaikindo menyatakan tidak mengetahui rencana Toyota-Daihatsu untuk mendirikan pabrik baru pada 2017 (Okezone)

JAKARTA - Berdasarkan informasi dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) baru-baru ini Toyota Motor dan Daihatsu Motor akan mendirikan perusahaan bersama pada Januari 2017. Perusahaan tersebut akan mengembangkan dan memasarkan mobil compact di Indonesia. Mobil ini akan dipasarkan di negara berkembang sebagai upaya memperluas penguasaan pasar di Asia.

Mengenai proyek gabungan Toyota-Daihatsu, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi mengaku tidak mengetahui secara detail mengenai rencana itu.

"Perusahaan apa? Selama ini saya tidak tahu detail. Tapi yang saya tahu Toyota punya sendiri dan Daihatsu 100 persen punya Toyota. Jadi kalau dia (Toyota-Daihatsu) mau ke mana ya terserah. Tapi yang saya tahu Daihastu spesialisasinya compact car atau mobil kecil. Kalau dia (Toyota-Daihatsu) mau bikin mobil lebih kecilnya saya tidak tahu," ujar Nangoi, belum lama ini di Jakarta.

Menurut dia, Gaikindo adalah gabungan industri kendaraan, sehingga sisi industrinya lebih ditekankan. Bila ada produsen yang ingin berafiliasi dengan membangun banyak pabrik ia mempersilakan.

"Yang penting pabrik di Indonesia dan produksi di Indonesia. Saya memajukan yang namanya industri automotifnya. Jadi dia (produsen) mau bikin 10 pabrik saya senang 20 pabrik lebih senang yang penting bahwa tetap produksi di Indonesia jangan dibawa ke tempat lain. Kandungan kokalnya pun ditingkatkan supaya komponennya tetap Indonesia," pungkas dia.

Proyek gabungan Toyota-Daihatsu di Indonesia telah berjalan dengan menghasilkan produk kolaborasi seperti Avanza-Xenia, Rush-Terios, Agya-Ayla, serta yang terbaru Calya-Sigra.

Untuk Calya-Sigra investasi yang ditanamkan mencapai Rp2,4 triliun. Mobil-mobil kolaborasi itu diproduksi oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) di Karawang Plant, Karawang, Jawa Barat. (mli)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini