Share

Kembangkan Sepeda Motor Listrik, Viar Gandeng UGM

Pius Mali, Jurnalis · Kamis 10 November 2016 13:20 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 10 15 1537876 kembangkan-sepeda-motor-listrik-viar-gandeng-ugm-hbomJe34ko.jpg Viar gandeng UGM untuk riset dan pengembangan teknologi motor listrik Pulse dan Q1 (Okezone)

JAKARTA - PT Triangle Motor Indonesia selaku agen pemegang merek (APM) sepeda motor Viar di Indonesia melakukan penandatanganan MoU (memorandum of understanding) dengan Universitas Gadjah Mada (UGM). Ini menjadi tanda dimulainya kerja sama riset dan pengembangan teknologi sepeda motor listrik Viar Pulse dan Q1 selama lima tahun ke depan.

Presiden Direktur PT Triangle Motorindo, Ignatius Kartiman mengatakan, kerja sama akan difokuskan pada sektor engine controller, battery management system (BMS), dan baterai karena hingga saat ini komponen-komponen tersebut masih harus diimpor oleh Viar.

"Target kami dengan adanya kerja sama antara Viar dengan UGM, nantinya mampu meningkatkan persentase kandungan lokal di sepeda motor listrik Viar, termasuk motor listrik dan memaksimalkan kinerja pada baterai sehingga menghasilkan motor listik yang benar-benar irit, efisien, dan terjangkau,” ujar Kartiman, Kamis (10/11/2016).

Sementara itu, Wakil Rektor UGM Suratman mengungkapkan, kerja sama tersebut merupakan kebanggaan bagi UGM karena bisa melakukan riset di bidang automotif bersama pelaku industri dalam negeri untuk meningkatkan kandungan lokal, khususnya pada sepeda motor listrik Viar Pulse dan Q1.

“UGM tentu sangat senang, dapat bekerja sama dengan industri dalam negeri untuk meningkatkan local content komponen dan upgrading technology yang saat ini ada sehingga produk industri dalam negeri menjadi lebih baik dan murah serta dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas. Ini sejalan dengan cita-cita UGM, untuk men-share knowledge untuk kemanfaatan masyarakat, termasuk di dalamnya industri di sekitar UGM dan Viar salah satunya,” jelas Suratman.

Selain penandatangan program kerja sama , PT Triangle Motorindo turut menyerahkan satu unit motor listrik Viar Q1 dan Pulse serta berbagai peralatan pendukung untuk digunakan oleh pihak UGM sebagai media riset dan pengembangan motor listrik.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini