Stop Pakai Celana Lebar saat Naik Motor!

Kamis 10 November 2016 20:06 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 10 15 1538377 stop-pakai-celana-lebar-saat-naik-motor-vd2H6slx34.jpg Ilustrasi pengendara motor (Queenrides)

JAKARTA – Setiap pengendara sepeda motor sepatutnya sudah mengetahui pakaian yang wajib dan tidak boleh dikenakan, karena hal itu ada kaitannya dengan keamanan serta kenyamanan. Salah satu contohnya yang saat ini banyak ditemukan di jalan adalah pengendara dengan celana atau rok yang lebar. Sebenarnya pakaian tersebut bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Setidaknya ada dua alasan utama mengapa celana adan rok lebar tidak aman untuk dipakai. Berikut ini penjelasannya, sebagaimana dilansir dari Queenrides, Kamis (10/11/2016):

Pertama, mengendarai motor itu butuh fleksibilitas atau mudah bergerak. Pastikan kaki dengan mudah menapak di aspal ketika motor berhenti.

Jangan sampai pakaian membatasi pegerakan Anda dalam berkendara.

Kedua, kain yang lebar kalau tertiup angin akan berkibar. Seperti dijelaskan Andri Berlianto, instruktur Jakarta Devensive Driving Consulting (JDDC), "Gampang menyangkut ke bagian motor. Bisa bikin celaka sobek."

Risiko untuk nyangkut di motor sendiri atau kendaraan lain sangat tinggi. Selain celana bisa sobek, Anda juga bisa jatuh, belum lagi risiko yang didapat oleh pengendara lain.

Berdasarkan dua alasan tersebut, bisa disimpulkan kalau rok dan celana lebar tidak disarankan dipakai saat berkendara motor. Rok yang telalu ketat juga bisa menghalangi pegerakan. Sedangkan rok lebar dan celana lebar yang berkibar dapat mengganggu konsentrasi serta berisiko tinggi. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini