Ekstrem, Bugatti Chiron Disiksa di Suhu 51 Derajat Celcius Selama Sebulan

Pius Mali, Jurnalis · Senin 14 November 2016 07:13 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 14 15 1540539 ekstrem-bugatti-chiron-disiksa-di-suhu-51-derajat-celcius-selama-sebulan-CaXXmxB3fP.jpg Empat hypercar Bugatti Chiron melalui uji ekstrem di lintasan aspal dengan suhu mencapai 51,5 derajat celcius selama 4,5 minggu (Motor1)

LOS ANGELES - Empat unit Bugatti Chiron diuji jalan di padang pasir di Barat Daya Amerika Serikat. Kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui kondisi dan performa mobil saat berada di lintasan aspal dalam kondisi suhu esktrem.

Dilaporkan Motor1, mobil-mobil Bugatti Chiron harus menghadapi suhu hingga 51,5 derajat Celcius. Mobil-mobil tersebut menjalani tes selama sebulan atau 4,5 pekan dengan menempuh jarak total 35 ribu kilometer.

Bugatti Chiron diciptakan sebagai hypercar bertenaga dahsyat. Tantangan dari pengujian ni bukan hanya suhu, tetapi juga tenaga dari mesin 8 liter Quad-Turbo berkonfigurasi W16 dengan tenaga 1.500 hp dan torsi 1.600 nm yang bisa membuat semua komponen mobil cepat panas.

Beberapa komponen yang bisa menjadi mendidih saat uji jalan ekstrem ini antara lain gearbox, sistem penggerak roda dan transmisi, pompa bensin, pompa hidrolis, dan komponen lainnya. Untuk mencegah situasi terburuk, Bugatti merancang 10 radiator tak hanya untuk mesin, tetapi untuk memastikan mobil tak terbakar selama perjalanan.

Perjalanan yang dilakukan pada musim panas ini dimulai dari Los Angeles, lalu menuju Sacramento, Taman Nasional Yosemite, Death valley, Las Vegas, Arizona, Utah, dan berakhir di Colorado. uji jalan melewati suhu ekstrem ini akan menjadi bahan penilitian bagi insinyur Bugatti Chiron untuk memastikan mobil tetap berperforma baik di wilayah gurun.

Di segmen hypercar, Bugatti Chiron sering disandingkan dengan Koenigsegg Regera. Mobil tersebut memiliki mesin lebih kecil, yakni berkapasitas 5 liter namun dengan tenaga yang sama, 1.500 hp. Koenigsegg Regera sanggup melesat dari 0-100 kilometer per jam hanya dalam 2,5 detik.(mli)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini