Persiapan Sebelum Ikut Kursus Mengemudi Mobil

Jum'at 18 November 2016 16:50 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 18 15 1545206 persiapan-sebelum-ikut-kursus-mengemudi-mobil-Pl10K4EtuE.jpg Kursus mengemudi mobil (Lorinparys)

JAKARTA – Keterampilan mengemudi mobil saat ini sudah menjadi kebutuhan wajib bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi. Meskipun belum mempunyai mobil, bukan alasan untuk tidak belajar mengemudikannya.

Saat memutuskan belajar mengemudi dan mempunyai mobil pribadi, sebaiknya Anda berlatih di tempat kursus mengemudi. Selain mendapat ilmu dari pelatih-pelatih andal, Anda akan mendapat pengalaman lebih banyak. Selain lebih aman, belajar mengemudi di tempat kursus juga menghindarkan mobil kesayangan Anda dari kerusakan.

Sebelum mulai belajar mengemudi, sebaiknya pahami fitur-fitur dasar kendaraan, seperti cara menghidupkan dan mematikan mesin, menggunakan lampu, dan mengaktifkan wiper.

Setelah mengetahui semua fitur standar, di tempat kursus, Anda akan diberi pengetahuan tentang teori umum dan aturan dasar mengemudi, misalnya mengenal rambu-rambu lalu lintas dan mengerti arti serta marka jalan.

Ada beberapa rincian pengetahuan dan pelajaran yang biasanya didapat setiap pertemuan saat kurus mengemudi. Berikut ini penjelasannya sebagaimana dikutip dari PR Online, Jumat (18/11/2916):

1. Pertemuan pertama

Sebagai pemanasan, siswa akan dibawa ke kawasan dengan kondisi lalu lintas macet. Selain melatih kesabaran, siswa diberi pengarahan oleh instruktur tentang aturan dasar berkendara, yaitu ketika macet, pengemudi tidak boleh egois karena mobil harus berbaris rapi di antara mobil lainnya.

Siswa juga dibimbing tentang cara mengatur kopling saat jalanan macet agar mesin mobil tidak mati.

2. Pertemuan kedua

Siswa berkendara ke jalanan yang berbelok-belok. Tujuan dari latihan ini adalah membuat lengan pengemudi tidak kaku dan mulai terbiasa untuk mengemudi, kemudian membiasakan pengemudi untuk melihat kaca spion di kanan dan kiri.

3. Pertemuan ketiga

Siswa akan berlatih di jalan menanjak. Hal itu dilakukan karena sebagian pengendara mobil terkadang belum terbiasa merasakan jalanan yang masuk kategori menanjak. Tanjakan, meski tidak curam, akan membuat mobil mundur. Jadi, jangan remehkan tanjakan meski kemiringannya sedikit.

Saat di jalan menanjak, siswa dilatih menggunakan kopling dengan lebih baik lagi dan melenturkan tangan dalam memegang setir karena terkadang jalan menanjak juga memuliki banyak belokan.

4. Pertemuan keempat

Siswa berlatih bagaimana cara parkir. Setiap tempat kursus mengemudi sudah mempunyai tempat khusus untuk berlatih parkir. Selain melatih ketenangan, dalam latihan parkir, siswa akan diarahkan cara menggunakan kopling karena memarkir mobil membutuhkan keahlian mengatur kopling agar mesin tidak mudah mati.

Jika Anda ingin mengikuti kursus mengemudi, hindari masa-masa libur sekolah karena pada saat tersebut, kebanyakan siswa ataupun mahasiswa mengisi waktu libur dengan belajar mengemudi sehingga Anda harus menunggu giliran lebih lama untuk mulai berlatih. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini