nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Kata Komunitas Soal Pemilik Mobil Gadai KTP di SPBU

Mufrod, Jurnalis · Selasa 22 November 2016 16:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 11 22 15 1548192 ini-kata-komunitas-soal-pemilik-mobil-gadai-ktp-di-spbu-T1KCh0QiO6.jpg Ilustrasi pemilik mobil isi BBM di SPBU (Foto: Okezone)

JAKARTA - Fenomena pemilik kendaraan menjaminkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) saat membeli bensin yang sering terjadi di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) dinilai komunitas Avanza Xenia Indonesia Club (Axic) sebagai kejadian unik.

Bahkan M Syakur Usman, Ketua Bidang Media dan Publikasi mengatakan, baru kali ini mendengar adanya fenomena pemilik mobil yang menjaminkan KTP-nya untuk membeli bensin di SPBU, meski alasan dompet tertinggal dijadikan sebagai alasan utama.

"Sebelum melakukan perjalanan pemilik mobil seharusnya sudah melakukan persiapan, salah satunya mengecek kondisi bahan bakar, jika bensin akan habis tentu pengemudi harus menyiapkan dana untuk mengisi bahan bakar kendaraannya." papar Syakur, saat dihubungi Okezone, Selasa (22/11/2016).

Ia menambahkan meski pemilik kendaraan lupa membawa uang, hal tersebut tentunya bisa disiasati dengan cara pembayaran lain. Tentu tidak dengan menjaminkan KTP sebagai pembayaran saat mengisi bensin.

Menanggapi fenomena tersebut sering terjadi, Syakur mengungkap, pentingnya pengusaha SPBU untuk membuat aturan tegas melalui pengumuman untuk pengemudi agar tidak menjaminkan KTP saat mengisi bensin.

Seperti diberitakan, Sekretaris Jenderal Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas, Syarif Hidayat mengungkap hampir setiap hari ada pemilik mobil yang menggadaikan sesuatu karena lupa membawa uang saat membeli bensin di SPBU. .

Akibat sering terjadi masalah tersebut, petugas SPBU saat ini sudah tidak menerima KTP sebagai jaminan, melainkan akan menahan ban serep bagi pemilik kendaraan yang mengisi bensin namun lupa membawa uang. (mfd)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini