Share

Membersihkan Filter Udara Motor Jangan Disemprot Angin

Jum'at 25 November 2016 16:12 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 25 15 1551402 membersihkan-filter-udara-motor-jangan-disemprot-angin-Qn8sdD8Boq.jpg Ilustrasi filter udara motor (Bikebandit)

JAKARTA โ€“ Filter udara berperan sebagai pelindung mesin dari debu. Lama-kelamaan debu yang ada di filter akan menumpuk dan dapat menghalangi udara masuk ke ruang pembakaran. Karena itu, disarankan kepada pemilik motor jangan lupa untuk selalu memeriksa dan membersihkan filter udara.

Membersihkan filter udara tidak boleh asal-asalan, banyak orang yang membersihkan kotoran pada filter udara dengan cara disemprot menggunakan angin bertekanan tinggi. Sebenarnya cara tersebut salah.

Mukti Abdulrahman, instruktur teknis PT Wahana Makmur Sejati, mengungkapkan bahwa saringan udara motor, khususnya yang berkapasitas 150 cc mengandung viscos oil yang gunanya untuk meningkatkan daya penyaringan udara.

โ€œSangat tidak disarankan membersihkan filter udara dengan cara disemprot angin. Jika dilakukan, oli tersebut akan hilang sehingga proses penyaringan tidak akan maksimal. Cukup diketok-ketok untuk merontokkan kotoran yang hinggap di filter,โ€ kata Mukti, seperti dikutip dari Gilamotor, Jumat (25/11/2016).

Lebih lanjut pria ramah tersebut menambahkan, masa pakai filter udara juga perlu diperhatikan. โ€œMasa pakai filter udara itu biasanya 18 ribu kilometer. Namun, itu tergantung wilayah penggunaannya. Makin berdebu suatu wilayah maka semakin sering gantinya,โ€ tutup Mukti. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini