Share

Bahaya Hydroplaning saat Berkendara di Tengah Guyuran Hujan

Agregasi Gila Motor, Jurnalis · Selasa 06 Desember 2016 19:24 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 06 15 1560308 bahaya-hydroplaning-saat-berkendara-di-tengah-guyuran-hujan-Xt4SwMd6tw.jpg Ilustrasi pengendara motor (Roadrunner)

JAKARTA - Tidak sedikit pengendara sepeda motor yang memaksakan diri untuk menerobos hujan, padahal cara itu sangat berbahaya. Salah satu kejadian yang kemungkinan dialami oleh pengendara sepeda motor adalah hydroplaning atau aquaplaning.

Dikutip dari Gilamotor, Selasa (6/12/2016), hydroplaning adalah fenomena yang menggangu performa ban ketika motor melaju di jalanan basah. Pada level tertentu, air yang tergenang di jalanan bisa membentuk sebuah lapisan.

Sampai akhirnya, lapisan tersebut dapat memisahkan ban dengan aspal yang membuatnya kehilangan daya cengkeram. Alhasil, motor tidak bisa dikendalikan dan berujung kecelakaan. Untuk diketahui, hydroplaning berbeda dengan tergelincir.

Sebetulnya, hydroplaning lebih berbahaya untuk mobil, karena motor diuntungkan dengan bentuk ban yang lebih kecil. Ban motor bisa lebih mudah memecah lapisan genangan air di jalan. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini