Tips Aman Pasang Audio Mobil Tanpa Khawatir Aki Tekor

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Rabu 07 Desember 2016 08:17 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 06 15 1560349 tips-aman-pasang-audio-mobil-tanpa-khawatir-aki-tekor-s48mCXaiS1.jpg Audio mobil (Pinterest)

JAKARTA - Sistem kelistrikan pada mobil sudah diperhitungkan sejak dikembangkan. Namun, ada saja pemilik mobil yang menambah berbagai aksesori elektronik sehingga menambah beban kerja aki sebagai sumber listrik mobil. Salah satu aksesori yang sering ditambah oleh pemilik mobil adalah audio.

Apabila memasang perangkat audio secara berlebihan, maka bukan hanya aki yang akan bekerja keras tapi juga alternator atau dinamo ampere. 

"Mobil itu sudah di-setting elektriknya AC berapa watt, lampu sekian watt, dan sebagainya. Nah, begitu ditambah audio, seumpamanya arus listrik akinya 50 ampere, sedangkan audio sudah 45 ampere berarti aki tekor," ujar Sugihandi, trainer Nissan College PT Nissan Motor Indonesia (NMI).

Ia mencontohkan satu mobil diisi dengan dua power, tambah subwoofer, maka altenator yang tadinya bekerja 15 menit supaya aki penuh kini berubah menjadi 30 menit karena sudah pasang audio.

"Artinya setiap kali alternator isi aki itu kan beban dan itu menggerogoti mesin secara tidak langsung. Efeknya listriknya banyak kesedot, usia pakai altenator lebih cepat, bahan bakar boros, dan aki cepat habis," terang Sugihandi.

Cara mengakali supaya kinerja aki dan alternator normal, ia menyarankan kepada pemilik mobil untuk mengganti alternator sesuai dengan beban listrik.

"Yang paling aman alternator harus diganti menjadi yang besar, kedua itu bisa diakali dengan memakai kapasitor bank, tapi enggak banyak menolong. Kalau yang maniak audio alternator-nya bisa sampai 200 ampere," pungkas dia. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini