Kaca Mobil yang Dilengkapi Defogger Tak Masalah Dipasang Lapisan Film

Pius Mali, Jurnalis · Jum'at 09 Desember 2016 11:52 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 09 15 1562780 kaca-mobil-yang-dilengkapi-defogger-tak-masalah-dipasang-lapisan-film-AldY0ol4BL.jpg Kaca mobil dengan defogger (Autojunction)

JAKARTA - Kita sering melihat garis-garis tipis di kaca mobil bagian dalam. Garis-garis tersebut dibuat oleh pabrikan mobil bukan sebagai variasi, melainkan bermanfaat untuk meningkatkan suhu.

Direktur PT Maxpro Adi Perkasa Andre Susanto mengatakan, garis tersebut akan terasa manfaatnya ketika mobil berada di suhu dingin.

"Itu defogger namanya, lebih ke antikabut. Kalau ke daerah pegunungan atau dingin, itu berfungsi karena mengurangi kabut," jelas Andre, saat peluncuran kaca film Maxpro di Jakarta, Kamis 8 Desember 2016 malam.

Ia menambahkan, untuk mobil-mobil di daerah yang bersuhu panas defogger tidak terlalu berfungsi. "Kalau kayak dipakai di mobil di Jakarta, enggak terlalu berfungsi karena enggak ada kabut," tambahnya.

Defogger menggunakan sistem elektronik. Saat diaktifkan, aliran listrik akan memberi energi panas ke permukaan kaca sehingga kabut tidak akan menempel. Untuk mengaktifkannya, bisa dilakukan dengan cara menekan tombol di dasbor.

Lantas, bisakah kaca mobil yang memiliki defogger dipasangi kaca film? Andre mengatakan, meski lapisan film dipasang di bagian dalam kaca tetap tidak akan menggangu fungsi defogger.

"Saat dipasangi kaca film, enggak ada masalah. Bisa dipasang dan enggak akan ganggu fungsi defogger-nya," pungkas dia. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini