Bersihkan Kaca Film Mobil Sendiri di Rumah, Ini Panduannya

Pius Mali, Jurnalis · Jum'at 09 Desember 2016 22:09 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 09 15 1563441 bersihkan-kaca-film-mobil-sendiri-di-rumah-ini-panduannya-ftAsg8tnLm.jpg Merawat kaca film cukup mudah dan bisa dilakukan di rumah (Wikihow)

JAKARTA - Lapisan film dipasang di bagian dalam kaca mobil untuk menolak panas di kabin. Seperti komponen mobil lainnya, kaca mobil yang dilapis film juga harus dirawat.

Direktur PT Maxpro Adi Perkasa Andre Susanto mengatakan, memelihara lapisan film bukan hal sulit dan bisa dilakukan dengan peralatan seadanya mobil.

"Simpel saja. Sekarang kan banyak kain lap micro fiber yang bisa dibeli di manapun. Tinggal pakai micro fiber, glass cleaner disemprotkan ke kaca, lalu dilap," ungkap Andre.

Ditambahkannya, pastikan lap untuk membersihkan kaca film khusus, tidak bekas digunakan untuk membersihkan bagian luar mobil maupun interior lainnya. Ini untuk mencegah kotoran menempel atau meninggalkan bekas goresan pada kaca.

"Lapnya harus dipisah. Lap bekas dasbor atau interior lain jangan dipakai karena berminyak, apalagi bekas membersihkan bagian luar. Pokoknya untuk lap kaca (film), ya khusus kaca saja," tambahnya.

Untuk konsumen yang tidak memiliki peralatan standar, tambah Andre, bisa menggunakan peralatan seadanya di rumah seperti kain bekas baju dan pembersih racikan sendiri.

"Boleh saja pakai yang ada di rumah, lihat bahannya dulu, kain katun boleh.

Lalu kalau enggak punya glass cleaner, pakai sampo bayi boleh, yang penting pH-nya rendah. Shampo bayi dilarutkan di air lalu semprot di kaca dan dilap," tambahnya.

Hindari penggunaan benda tajam atau logam, seperti jam, gelang, dan cincin, saat proses pengerjaan untuk mencegah lapisan film sobek atau terkelupas.

Perhatikan juga cara mengelap kaca. Lakukan teknik pengelapan searah, agar tidak menghasilkan goresan. Terkadang saat mengelap masih terdapat debu atau kotoran pada kaca, jika kita teknik mengelap tidak searah dikhawatirkan akan menimbulkan goresan pada kaca film.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini