nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Jumlah Konsumsi BBM Nissan Grand Livina Bandung-Jakarta

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Senin 12 Desember 2016 21:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 12 12 15 1564954 ini-jumlah-konsumsi-bbm-nissan-grand-livina-bandung-jakarta-v0VjAkjOkA.JPG Nissan Grand Livina (Foto: Dokumentasi NMI)

JAKARTA – Belum lama ini PT Nissan Motor Indonesia (NMI) mengajak sejumlah awak media untuk melakukan praktek eco-driving melalui kegiatan bertema ‘Tantangan 7 Liter Livina’. Setidaknya ada 14 Nissan Grand Livina yang dikerahkan dengan kondisi bahan bakar minyak (BBM) hanya 7 liter untuk menempuh perjalanan Bandung ke Jakarta. BBM yang digunakan mempunyai nilai oktan 92.

Nissan Grand Livina yang dikendarai oleh para awak media bukan mobil baru keluaran pabrik artinya sebelumnya sudah digunakan, hal ini terlihat dari beberapa bagian mobil yang terlihat sedikit kusam. Semua mobil sudah dalam kondisi standar pabrikan tidak ada bagian yang dimodifikasi, bahkan tekanan ban pun sudah disesuaikan dengan ukuran semestinya.

Dalam kegiatan ini terbagi dua kelompok non-AC dan AC. Khusus yang mendapat kategori AC satu mobil diisi oleh tiga penumpang sedangkan non-AC dua penumpang. Semua Grand Livina dibekali mesin 1.498 cc dan transmisi otomatis dengan Xtronic Continuously Variable Transmission (CVT).

Pada kesempatan ini Okezone sebagai navigator dan mendapat kategori non-AC. Jadi selama perjalanan tidak diperkenankan menghidupkan AC, namun diperbolehkan membuka jendela mobil. Perjalanan di mulai dari diler Nissan Cimahi, Bandung lalu semua peserta masuk Jalan Tol Padalarang melalui pintu Pasirkoja.

Kondisi jalan tol saat itu ramai dan lancar sehingga mobil yang kami tumpangi dapat berjalan mulus. Apalagi perjalanan Bandung-Jakarta di dominasi oleh jalan menurun sehingga membantu laju mobil tanpa menginjak pedal gas. Pada kilometer (KM) 26 sampai 10 terjadi kemacetan yang disebabkan oleh adanya mobil mogok ditambah lagi antrean jelang keluar pintu Tol Cikarang. Setelah KM 10 jalan kembali lancar sampai keluar tol Halim.

Selama berada di tol, posisi jendela mobil dalam keadaan tertutup jadi tidak ada angin yang masuk ke kabin, sehingga tidak menghambat laju mobil dan menambah beban mesin. Hanya sesekali jendela dibuka lebar ketika mobil berhenti saat jalanan macet.

Setelah menempuh perjalan kurang lebih 3 jam, akhirnya mobil yang kami tumpangi tiba di titik finis yaitu diler Nissan MT Haryono, Jakarta. Berdasarkan data Multi Information Display (MID), tertera jarak tempuh Bandung-Jakarta 139,6 km. Sedangkan konsumsi bahan bakar 23,2 km per liter.

Beberapa peserta terutama yang kategori AC terpaksa harus berhenti di tengah jalan karena kehabisan BBM. Berdasarkan hasil keseluruhan peserta tantangan 7 Liter Livina rekor konsumsi BBM paling efisien tercatat sebesar 30,3 km per liter yang berasal dari kategori non-AC. Sedangkan kategori AC yang tertinggi mencapai 24,6 km per liter. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini