Kaca Film Bikin Bensin Mobil Lebih Irit?

Pius Mali, Jurnalis · Selasa 13 Desember 2016 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 12 15 1564982 kaca-film-bikin-bensin-mobil-lebih-irit-zd6PwFiCN7.jpg Kaca film membuat kabin lebih sejuk, sehingga pemilik mobil tak perlu menyalakan AC dengan maksimal dan membuat bensin lebih efisien (Northgeorgiatint)

JAKARTA – Salah satu tujuan dipasangnya pelapis film di bagian dalam kaca mobil adalah untuk menolak panas matahari masuk ke kabin. Namun ada juga pemilik yang gemar tampil 'transparan' dengan tidak menggunakan kaca film.

Direktur PT Maxpro Adi Perkasa Andre Susanto mengatakan, digunakan atau tidak pelapis film pada kaca mobil sangat bergantung dengan selera konsumen.

"Sebetulnya enggak ada risiko apa-apa. Hanya pasti efeknya cuma panas sekali kalau siang," jelas Andre, bebeberapa waktu lalu.

Lantas, adakah kaitannya memasang kaca film dengan konsumsi bahan bakar yang lebih irit? Sebab selama ini banyak pemilik mobil menganggap kaca film menjadi salah satu faktor pendukung untuk penggunaan bahan bakar yang lebih irit.

Andre menambahkan, penggunaan kaca film secara langsung tidak ada pengaruhnya dengan konsumsi bahan bakar. Dengan memasang kaca film membuat kabin menjadi lebih sejuk sehingga pengguna mobil tak perlu memasang pendingin udara (AC) di suhu maksimal.

Dengan menyetel AC pada kapasitas maksimum maka akan membuat kerja mesin menjadi lebih berat. Akibatnya, konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros dibandingkan dengan menyalakan AC di suhu minimum karena kondisi kabinnya sudah sejuk.

"Dengan kabin yang lebih sejuk, pemilik akan set AC dengan angka suhu yang normal. Ketika kabin sudah terjaga suhunya, maka kompresor AC tidak perlu bekerja keras. Tapi ketika suhu kabin panas, kompresor bekerja terus, itu yang bikin bahan bakar boros," jelasnya.

Andre menambahkan, dengan memasang kaca film yang menolak panas dengan baik maka pemilik mobil tidak perlu risau kabin terasa panas AC. "Itu yang bikin kaca film bagus hemat bahan bakar, korelasinya lebih ke arah situ. Bukan berarti hanya dengan pasang kaca film lebih irit (BBM), customer juga harus jelas," pungkas dia.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini