Tanda-Tanda Lapisan Kaca Film Mobil Harus Diganti

Pius Mali, Jurnalis · Rabu 14 Desember 2016 08:08 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 13 15 1565897 tanda-tanda-lapisan-kaca-film-mobil-harus-diganti-JXlV1kIEzt.jpg Ada beberapa ciri yang menjadi tanda bahwa kaca film mobil harus diganti (juventudsucre)

JAKARTA – Seperti komponen lainnya di mobil, pelapis film yang dipasang pada kaca memiliki usia pakai. Meski demikian, semakin baik kualitas kaca film yang digunakan maka semakin lama bisa bertahan.

"Sebenarnya tidak ada kriteria khusus untuk kapan mengganti kaca film. Semua bergantung selera dan kebutuhan konsumen. Konsumen akan mengganti kaca film biasanya ketika baru memiliki kendaraan tersebut. Saya sarankan sebaiknya kalau mau investasi, lebih baik yang bagus,” ujar Andre Susanto selaku Direktur PT Maxpro Adi Perkasa, beberapa waktu lalu.

Meski bisa bertahan lama, lanjut Andre, ada beberapa ciri yang menjadi tanda bahwa lapisan film pada kaca mobil harus segera diganti.

"Mungkin dari fisik pelapis filmnya, lalu dari sisi warna, kemudian jika ada gelembung. Itu sudah harus diganti karena bisa mengganggu penglihatan dan memang sudah umurnya," jelasnya.

Kerusakan fisik pada lapisan film bisa dilihat dari goresan atau paling parah terkelupas. Sementara gelembung pada kaca film diakibatkan lem tidak merekat sempurna. Dampaknya menimbulkan udara masuk ke kaca. Selain itu, gelembung juga terjadi karena kurang rapinya pemasangan pertama kali. Sementara pudarnya warna bisa terjadi karena kaca sering terpapar matahari.

Sekadar diketahui, meski hanya berupa lembaran plastik tipis, film yang berkualitas baik bisa menjaga kondisi kabin tetap sejuk dan terhindar dari panas matahari, bahkan hingga waktu lima tahun. Selain itu, pelapis film yang baik juga tak akan mengganggu daya visual pengemudi ketika berkendara di malam hari atau dalam kondisi gelap.(mli)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini