Share

Toyota Perdana Produksi Mobil Pintu Geser Bersama Poros Depan

Santo Evren Sirait, Okezone · Jum'at 23 Desember 2016 06:15 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 22 15 1573634 toyota-perdana-produksi-mobil-pintu-geser-bersama-poros-depan-bNVoCCOJnM.JPG Toyota Sienta (Foto: Dokumentasi TMMIN)

KARAWANG - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) sudah memproduksi Sienta sejak Juni lalu di Karawang Plant 2, Jawa Barat. Toyota Sienta diproduksi satu pabrik bersama dengan model Etios Valco, Vios, Limo, dan Yaris. Dari kelimanya, hanya Sienta saja yang memiliki pintu geser, lainnya pintu poros depan.

Dengan diproduksinya Sienta secara lokal, itu artinya ini kali pertama TMMIN memproduksi mobil pintu geser. Menariknya lagi TMMIN menjadi yang pertama menggabungkan produksi pintu geser dengan poros depan.

"Jadi hanya kami di Asia Pasifik yang menggunakan proses seperti ini yang di-mixed," ujar Nandi Julyanto, Director of Production Engineering and Karawang Plant, TMMIN, belum lama ini.

Dirinya menambahkan, berbeda dengan Toyota di Jepang yang memproduksi Sienta di pabrik khusus dan sendiri tidak satu jalur dengan produksi model lain. "Makanya di Jepang ada sebutan Sienta Man. Jadi hanya memproduksi Sienta saja, sehingga kami agak unik," tambah dia.

Bukan perkara yang mudah memproduksi Sienta bersamaan dengan model lain. Nandi mencontohkan pada saat proses pengecatan. Setiap mobil akan dicelupkan, bagian depan terlebih dahulu kemudian tengah dan belakang mirip seperti mobil melewati jalan menanjak dan menurun. Apabila pintu geser tidak ada penahannya maka ketika naik akan terbuka.

Keputusan TMMIN untuk menggabungkan produksi Sienta dengan model lain bukan tanpa alasan, mengingat pabrik masih cukup untuk menampung produksi Sienta.

"Lebih ke arah kami melihat Sienta produk yang baik dan kayaknya menjadi sesuatu back bone kami kedua sehingga enggak mungkin dong kami produksi Sienta di pabrik baru sementara kami masih punya kapasitas sehingga yang paling cocok ya di plant 2. Terlebih semuanya sama-sama mengunakan sasis monokok sehingga bagaimana kami bisa memproduksi Sienta di line yang sama dengan model lain." pungkas Nandi. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini