Share

Tips Touring saat Liburan Menggunakan Motor

Jum'at 23 Desember 2016 19:57 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 23 15 1574553 tips-touring-saat-liburan-menggunakan-motor-be8w1P3nay.jpg Ilustrasi touring sepeda motor (Foto: Gilamotor)

JAKARTA - Libur panjang sudah di depan mata, kegiatan rutin yang biasa dilakukan oleh komunitas sepeda motor untuk mengisi liburan adalah touring.

Mengendarai sepeda motor sendiri tentunya akan sangat berbeda ketika membawanya bersama kelompok atau grup. Kontrol kecepatan dapat diatur sesuka hati apabila Anda berkendara sendiri. Namun pada saat berkendara secara berkelompok, ada beberapa hal yang harus diketahui supaya Anda tetap aman dan nyaman di perjalanan.

Berikut ini penjelasannya seperti dikutip dari Gilamotor, Jumat (23/12/2016):

Selalu Lihat Kaca Spion

Sering melihat ke kaca spion harus Anda lakukan untuk memastikan pengendara lain masih ada di belakang atau jauh tertinggal. Jika Anda pengendara paling depan dan menyadari ada beberapa orang yang tertinggal, sebaiknya Anda memutar balik untuk memeriksa apa yang terjadi. Jika memang ada masalah, segera beri tahu peserta touring lainnya.

Membuat Kelompok Kecil

Anda dianjurkan memiliki jumlah orang yang tidak terlalu banyak dalam suatu kelompok. Kelompok-kelompok akan bertemu ketika makan, minum, atau mengisi bensin. Angka yang ideal untuk kelompok sebaiknya 5-6 rider. Sub kelompok harus memiliki satu pengendara yang hafal rute atau kondisi jalan untuk membuat meeting point dengan kelompok yang lain.

Pengendara Paling Berpengalaman Harus Ada di Paling Depan

Seorang pengendara yang paling berpengalaman sebaiknya menjadi pemimpin grup ketika melakukan perjalanan. Biasanya, rider yang berpengalaman ini mengetahui seberapa cepat ia harus melaju agar rombongan yang lain tidak ketinggalan. Ia juga tentunya harus lebih sering melihat kaca spion untuk memastikan rombongannya dalam kondisi utuh.

Pengendara di barisan paling akhir sebaiknya mengetahui rute perjalanan dengan baik. Pasalnya, ia bisa memantau siapa saja yang tertinggal dan membantu kembali ke dalam grup.

Jaga Jarak

Ingatlah untuk selalu menjaga jarak, terutama ketika Anda berada persis di belakang pengendara pertama. Ia bisa jadi lupa untuk belok kiri atau kanan, sehingga Anda bisa memperkirakan pergerakan tiba-tiba yang dilakukannya.

Salah satu yang perlu diingat ketika mengendarai motor dalam sebuah kelompok adalah bertanggung jawab pada kecepatan motor. Ikuti rata-rata kecepatan dalam kelompok dan upayakan untuk tidak membuat hal-hal yang dapat mencederai diri sendiri dan orang lain.

Jika hendak mendahului, lakukan dengan pasti. Sebelum mendahului, Anda harus memastikan bahwa kondisi sekitar aman dan memungkinkan untuk melaju dengan kecepatan tinggi. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini