Share

Tips Aman Menjadi "Boncenger"

Sabtu 24 Desember 2016 18:16 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 24 15 1575067 tips-aman-menjadi-boncenger-czm8lO1Qzq.jpg Ilustrasi Boncenger (Foto Motogateaway)

JAKARTA – Menjadi boncenger atau penumpang sepeda motor memang terdengar sederhana. Walau sebetulnya ada sejumlah hal yang perlu dipahami demi kenyamanan dan keselamatan. Berikut tiga tips menjadi boncenger, seperti dikutip dari Gila Motor, Sabtu (24/12/2016).

Jangan Lupakan Perlengkapan Safety Riding

Boncenger tetap dianjurkan memakai perlengkapan safety riding selengkap si pengemudi. Bukan hanya helm, ada baiknya boncenger juga memakai jaket yang dilengkapi padding, boots riding, sampai sarung tangan.

Tubuh Tidak “Melawan” ketika Menikung

Sedikit banyak gerakan seorang boncenger memengaruhi pengendalian motor yang dirasakan pengendara. Tak terkecuali ketika motor sedang masuk tikungan. Ada baiknya tubuh boncenger tidak “melawan” ketika di tikungan karena pengendara akan merasa terganggu. Sebaiknya netralkan tubuh dan mengikuti gerakan motor.

Berpegangan saat Akselerasi dan Pengereman

Motor bisa berakselerasi secara tiba-tiba sehingga menimpulkan hentakkan cukup hebat bagi boncenger. Untuk penumpang motor yang tak dilengkapi sandaran jok, upayakan untuk berpegangan pada behel. Apabila hendak berpegangan pada tubuh pengendara, pastikan tidak mengganggu. Berpegangan pada behel juga bisa dilakukan saat pengereman, karena dengan begitu tubuh boncenger tidak terdorong ke depan dan menambah beban pengemudi. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini