Perbedaan GPS Tracking dan Navigasi untuk Mobil

Pius Mali, Jurnalis · Kamis 29 Desember 2016 06:06 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 28 15 1577919 perbedaan-gps-tracking-dan-navigasi-untuk-mobil-SLou8XMysV.jpg GPS aftermarket untuk mobil saat ini ditawarkan dalam dua jenis, yakni Tracking dan Navigasi Konvensional (Ilustrasi: Autointhebox)

JAKARTA - Peta digital (global positioning system/GPS) saat ini mulai digunakan di banyak mobil. Perangkat ini ada yang sudah ditanam oleh pabrikan kendaraan melalui head unit, namun ada pula produk aftermarket yang dijual terpisah di toko aksesori.

Suryanto, pedagang aksesori dari Alif Auto di MGK, Kemayoran, Jakarta Pusat, mengatakan saat ini GPS aftermarket ditawarkan dalam dua jenis, yakni GPS tracking dan navigasi. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda jika dipasang di mobil.

"Kalau GPS tracking, posisi mobil ada di mana bisa ketahuan. GPS navigasi hanya buat mencari alamat," ujar Suryanto, Rabu 28 Desember 2016.

Ia menambahkan, GPS tracking memiliki banyak kelebihan dibandingkan navigasi. Perangkat digital tersebut bisa menjadi alat keamanan tambahan bagi pemilik mobil, khususnya jika mobil kerap digunakan orang lain.

"Kalau GPS tracking bisa cari tahu posisi mobil, kecepatan, bahkan mematikan dari jarak jauh seandainya mobil dicuri. Ini pakai aplikasi dan jaringan internet, bisa dikontrol dari handphone Android, Apple, atau apa saja bisa," tambahnya.

Soal harga, pedagang beragam aksesori mobil ini menyabut, keduanya tak berbeda jauh. "GPS navigasi dibanderol Rp1 jutaan, sedangkan GPS tracking dijual dengan rentang harga Rp1,3 juta hingga Rp1,8 juta, sudah berikut pemasangan," tutup dia.(mli)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini