nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Honda Tak Tergoda Susul Toyota Bikin Mobil Mobilio Khusus Taksi

Pius Mali, Jurnalis · Jum'at 13 Januari 2017 09:47 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 01 13 15 1590354 honda-tak-tergoda-susul-toyota-bikin-mobil-mobilio-khusus-taksi-qPXVBU9Fes.jpg APM Mobil Honda tidak berencana membuat LMPV Mobilio varian taksi (Foto: dok. Okezone)

JAKARTA - Tak hanya mobil jenis sedan, saat ini kendaraan low multi purpose vehicle (LMPV) juga menjadi pilihan perusahaan taksi untuk dijadikan armadanya. LMPV merupakan pilihan baru lantaran memiliki daya angkut lebih banyak, durability yang baik, serta efisien dalam penggunaan bahan bakar.

Honda Mobilio menjadi salah satu LMPV yang dipilih perusahaan taksi. Meski sudah banyak dipakai, namun PT Honda Prospect Motor (HPM) menyatakan tidak akan membuat varian Mobilio khusus taksi. Seperti diketahui, Mobilio yang digunakan merupakan varian terendah yakni S.

"Kami enggak bedakan dengan bikin (Honda Mobilio) grade khusus taksi. Ini bikin pembeli rugi. Kalau ada grade khusus taksi bakalan rugi karena resale value-nya jatuh banget," jelas Jonfis Fandy, marketing and aftersales service director PT HPM di Jakarta, Kamis 12 Januari 2017.

Ia menambahkan, dalam memilih produk mobil sebagai armada biasanya perusahaan taksi memiliki regulasi cukup tinggi. Ini lantaran mobil harus beroperasi dengan waktu lebih banyak dibandingkan dengan kendaraan yang dipakai untuk kepemilikan pribadi.

Namun, lanjut Jonfis, saat ini pihaknya masih dipercaya dan terus menyuplai kebutuhan produk LMPV Honda Mobilio ke perusahaan taksi.

"Kami masih suplai. Untuk berapa unitnya enggak tahu, coba ditanya ke perusahaan taksinya saja," ujar Jonfis.

Pasar taksi LMPV memang cukup menarik bagi agen pemegang merek (APM) mobil. Tak heran jika PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan produk Avanza Transmover untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Avanza Transmover menggunakan varian terendah yakni Tipe E bermesin 1.300 cc dengan banderol Rp143,55-Rp150 juta off the road. (mli)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini