nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Faktor-Faktor Ini Diyakini Mampu Dorong Penjualan 1,1 Juta Mobil di Indonesia

Pius Mali, Jurnalis · Rabu 25 Januari 2017 17:55 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 01 25 15 1600882 faktor-faktor-ini-diyakini-mampu-dorong-penjualan-1-1-juta-mobil-di-indonesia-E4JRmF0FkV.jpg Penjualan mobil di Indonesia diprediksi capai 1,1 juta unit pada 2017 (Foto: Okezone)

JAKARTA - Penjualan mobil di Indonesia pada 2017 diprediksi mencapai 1,1 juta unit atau naik sekira 5 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada 2016.

Senior Vice President of Mobility Frost & Sullivan Vivek Vaidya mengatakan, prediksi tersebut diharapkan bisa tercapai lantaran pada 2017 kondisi ekonomi Indonesia akan lebih baik sebagai dampak dari sentimen positif dari konsumen. Selain itu pertumbuhan penjualan juga disebabkan bertumbuhnya investasi swasta, belanja pemerintah yang kuat, serta bergairahnya ekspor.

"Kontrol ketat pemerintah pada situasi fiskal, berbagai paket stimulus untuk ekonomi dan skema amnesti pajak banyak dipuji telah membantu kepercayaan meningkatkan pasar," ujar Vaidya dalam acara 'Positiva Outlook for the Indonesian Automotive Market', di Jakarta, Rabu (25/1/2017).

Ia menambahkan, peluncuran model-model baru pada semester II-2016 dan pada 2017 diharapkan bisa memberi dampak positif bagi total industry volume (TIV). Selain itu, promosi produk dan adanya pameran automotif di berbagai kota merangsang permintaan pasar untuk kendaraan bermotor.

"Pada 2017, kami berharap bisa melihat gambaran yang lebih jelas dan arah pengembangan industri automotif Indonesia untuk jangka pendek dan menengah dengan finalisasi beberapa regulasi penting, seperti low carbon emission program (LCEP) dan roadmap industri automotif, " kata Vaidya.

Sebelumnya, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi juga menyatakan, penjualan kendaraan di Indonesia diprediksi mencapai 1,1 juta unit pada tahun ini. Jumlah itu meningkat dibandingkan realisasi penjualan 2016 yang mampu menembus 1,05 juta unit. Selain faktor membaiknya kondisi perekonomian, kehadiran model baru diharapkan dapat merangsang pembelian kendaraan. (Baca: Penjualan Mobil di Indonesia pada 2017 Diprediksi Tembus 1,1 Juta Unit)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini