Telibat Kecelakaan, Tenang dan Lakukan 3 Hal Sederhana Ini

Agregasi QueenRiders.com, Jurnalis · Rabu 25 Januari 2017 19:26 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 25 15 1601002 telibat-kecelakaan-tenang-dan-lakukan-3-hal-sederhana-ini-vHoy8Sqexw.jpg Ilustrasi kecelakaan mobil (Avesarlaw)

JAKARTA - Tidak sedikit pengendara motor atau mobil berusaha untuk selalu berhati-hati selama dalam perjalanan. Namun terkadang, ada saja peristiwa yang menghambat perjalanan Anda seperti menabrak kendaraan lain tanpa sengaja. Apabila hal itu terjadi, lebih baik bersikaplah tenang dan harus siap bertanggung jawab.

Berikut ini tips menghadapi pengendara yang kendaraannya Anda tabrak, seperti dikutip dari Queenrides, Rabu (25/1/2017):

Jangan Panik

Penting untuk tetap tenang. Kalau tenang, pikiran akan lebih terbuka dan bisa bekerja dengan maksimal. Kalau panik, Anda bisa saja mengambil keputusan yang salah seperti kabur karena takut dimintai ganti rugi. Ada baiknya, usahakan Anda untuk menarik napas terlebih dahulu, minum air putih, berdoa singkat, lalu keluar mobil atau turun dari motor. Hadapi pengendara yang Anda tabrak dengan tenang dan tanpa emosi.

Komunikasi

Anda juga harus membangun komunikasi yang baik, kalau memang jelas bersalah, minta maaflah. Meminta maaf dengan tulus dan jangan membela diri. Perilaku yang buruk biasanya akan memperberat ganti rugi atau tambah bikin kesal pengendara lain. Yang paling penting, kalau kesepakatannya Anda harus mengganti rugi biaya kerusakan di bengkel, minta bukti pembayaran yang asli dan jelas.

Cari Tahu

Penting juga untuk tahu biaya ganti rugi sesuai kerusakan. Anda bisa dengan mudah mencari tahu di internet atau foto kerusakannya, lalu kirim dan tanya ke orang yang mungkin tahu harga spare part kendaraan. Hal itu sangat berguna sebagai gambaran berapa nominal uang yang layak Anda berikan. Tidak sedikit pengendara yang ditabrak memanfaatkan keadaan dengan meminta biaya ganti rugi yang cukup tinggi, padahal kerusakan hanya sedikit. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini