nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pembeli Datsun di Jawa Pilih DP Kecil tapi Cicilan Besar

Pius Mali, Jurnalis · Sabtu 28 Januari 2017 00:26 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 01 28 15 1603250 pembeli-datsun-di-jawa-pilih-dp-kecil-tapi-cicilan-besar-YTcZbnpgMh.jpg Datsun (Foto: Pius/Okezone)

SUBANG - Seperti produk mobil lainnya, mobil Datsun GO Panca dan GO+ Panca yang dijual di Indonesia bisa dibeli lewat kredit. Dengan cara mengangsur, membeli mobil low cost green car (LCGC) ini terasa lebih ringan.

Konsumen yang hendak membeli mobil secara kredit biasanya diberi dua pilihan, yakni membayar down payment (DP) lebih besar dengan cicilan cukup ringan, atau sebaliknya DP ringan dengan cicilan yang lebih besar.

Head of Marketing Datsun Indonesia Christian Gandawinata mengatakan, karakter pembeli mobil Datsun berbeda-beda di setiap wilayah Tanah Air.

"DP agak besar tapi cicilannya ringan, kalau kami lihat ini bergantung pada kota dan wilayahnya. Karena begini, karakteristik konsumen Datsun di setiap area itu berbeda," ujar Christian di Subang, Jawa Barat, Jumat (27/1/2017).

Ia menambahkan, konsumen mobil di kota-kota di luar Pulau Jawa umumnya memilih membayar lebih besar di awal dan cicilannya lebih rendah. Sementara di Pulau Jawa umumnya lebih memilih membayar cicilan yang lebih besar.

"Ya kalau bisa saya contohkan beberapa kota di Sumatera, mereka kalau beli mobil secara kredit cari yang DP-nya enggak terlalu kecil, tapi cicilannya ringan. Jadi mereka istilahnya besar di depan cicilan ringan. Tapi kalau second atau thirtier kota di Pulau Jawa, mereka DP-nya kecil, cicilannya lebih besar. Yang penting punya mobil dulu. Jadi enggak bisa digeneralisasi," pungkas dia. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini