nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Karakter Konsumen Mobil LCGC Cenderung Pilih Transmisi Manual

Pius Mali, Jurnalis · Senin 30 Januari 2017 14:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 01 30 15 1604643 karakter-konsumen-mobil-lcgc-cenderung-pilih-transmisi-manual-RK9PXjzPSL.JPG Datsun Indonesia menyatakan konsumen LCGC yang sebenarnya memilih mobil transmisi manual terkait dengan harganya yang lebih terjangkau (Foto:dok. Datsun Indonesia)

JAKARTA - Sejak kemunculannya pada 2014, Datsun Indonesia hanya menawarkan dua model kendaraan yakni GO Panca dan GO+ Panca dengan transmisi manual lima percepatan. Sementara kompetitornya, Toyota Agya & Calya, Daihatsu Ayla & Sigra, Honda Brio, serta Suzuki Karimun Wagon, menawarkan dua pilihan transmisi yakni manual dan otomatis.

Merek mobil di bawah asuhan PT Nissan Motor Indonesia (NMI) ini tengah menyiapkan produk dengan varian transmisi otomatis. Mobil matik Datsun sendiri dijanjikan meluncur di Indonesia pada tahun ini.

Head of Datsun Indonesia Indriani Hadiwidjaja mengatakan, berdasarkan riset internal, konsumen mobil low cost green car (LCGC) sebenarnya memilih menggunakan mobil transmisi manual dibandingkan otomatis.

"The real segmen LCGC itu masih dipegang segmen manual. Maka dari itu, segmen manual mendominasi di pasar LCGC 60 sampai 70% untuk semua (model) selama 2016," jelas Indri, beberapa waktu lalu.

Karena itu, kata Indri, Datsun varian transmisi otomatis akan menjadi pilihan baru, bukan menjadi yang utama dalam menopang penjualan mobil Datsun di Indonesia. Hal ini lantaran harga jual mobil matik lebih mahal dibandingkan mobil manual.

"Kalau menurut saya the real customer LCGC itu kebutuhannya price (harga), jadi mereka sensitif. Jadi memiliki transmisi matik merupakan tambahan. Memang ada pasar tersendiri nantinya orang yang biasa nyetir manual akan pindah ke matik atau orang yang memiliki kocek lebih akan membeli matik," tukas dia.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini