Toyota dan Suzuki Kerjasama, Adakah Dampaknya bagi Indonesia?

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Selasa 07 Februari 2017 21:38 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 07 15 1612122 toyota-dan-suzuki-kerjasama-adakah-dampaknya-bagi-indonesia-l9gyFKrYX7.jpg Ilustrasi logo Toyota-Suzuki (foto: Carandbike)

JAKARTA - Pada 12 Oktober 2016, Toyota Motor dan Suzuki Motor mengumukan kerjasama dalam pengembangan kendaraan. Namun saat itu belum ada inti bidang kerja sama yang disepakati. Pada Senin 2 Februari 2017, kedua pihak mengumumkan capaian baru, yakni berkomitmen mengembangkan teknologi dan produk secara bersama.

Toyota dan Suzuki juga melirik soal isu lingkungan terkait dengan mesin kendaraan. Bentuk kerjasama lainnya adalah di bidang teknologi informasi serta saling menyuplai produk dan komponen. Lantas, adakah dampak kerja sama itu bagi

Suzuki di Indonesia?

Setiawan Surya, deputy managing director 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sudah mengetahui informasi tersebut dari pemberitaan, namun apakah akan berimbas ke Suzuki di Indonesia, ia mengatakan belum untuk saat ini.

"Kalau saya baca di artikel, salah satunya karena cost development. Kan memang mahal, cuma enggak tahu apa wujudnya juga," terang Setiawan.

Pihaknya belum mendapat informasi atau arahan langsung dari prinsipal Suzuki Motor di Jepang.

"Belum ada, dari prinsipal juga. Tapi akan kami cari tahu. Mungkin buat kami tidak ada pengaruhnya juga, soalnya informasi kan dari sana ya," pungkas dia.

Seperti diketahui, Suzuki dikenal sebagai produsen mobil mini dan compact. Kerja sama ini semakin membuka peluang bagi perusahaan berlogo 'S' itu untuk mendapatkan warisan teknologi Toyota serta mendapat akses ke bagian riset dan pengembangannya.

Sementara Toyota diperkirakan akan mengambil keuntungan dari Suzuki, salah satunya, untuk mendapatkan akses ke pasar India. Di negara dengan jumlah penduduk terbesar kedua di dunia itu, Suzuki merupakan penguasa pasar automotif. Di bawah kerja sama dengan Maruti, Suzuki menguasai sekira 50 persen pasar automotif di India.

Kerja sama ini bukan pertama kali dilakukan kedua perusahaan. Untuk produk selain kendaraan compact, Suzuki sudah membeli teknologi hybrid dari Toyota.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini