Begini Cara Memperlakukan Rem Tangan Mobil yang Benar

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Kamis 09 Februari 2017 08:23 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 09 15 1613367 begini-cara-memperlakukan-rem-tangan-mobil-yang-benar-c3r9LAkrBc.jpg Ilustrasi rem tangan (Foto: Yourmechanic)

JAKARTA - Terdapat dua sistem pengereman pada mobil, yaitu rem kaki dan tangan, meski ada pula beberapa model kendaraan yang memosisikan 'rem tangan' dekat kaki pengemudi untuk kepraktisan.

Disebut rem kaki karena cara pengoperasiannya menggunakan kaki, begitu juga dengan rem tangan atau yang biasa dikenal dengan rem parkir yang dioperasikan menggunakan tangan

Seiring berkembangnya teknologi terdapat tiga jenis rem tangan:

1. Stik

Jenis stik sampai saat ini masih digunakan baik pada mobil bertransmisi manual maupun otomatis. Bentuknya serupa dengan stik, lalu posisinya berada di konsol tengah. Ujungnya dilengkapi dengan tombol yang berfungsi melepas kunci pada gear sehingga tuas bisa dinaikkan dan diturunkan.

2. Pedal

Jenis satu ini tergolong baru. Meski dinamakan rem tangan tapi posisinya berada di bawah sejajar dengan pedal gas. Cara pengoperasiannya bukan menggunakan tangan tapi diinjak sampai dalam. Kemudian untuk mengembalikan ke posisi awal atau mobil ingin berjalan, injak sekali lagi pedalnya. Umumnya jenis pedal banyak terdapat di mobil bertransmisi otomatis.

3. Tombol

Model tombol semakin mempermudah penggunaan rem tangan. Hanya dengan menarik sedikit ke atas tuas yang ada di tombol maka mobil akan mengerem. Bentuknya kecil dan biasanya disebut juga rem tangan elektrik. Tidak banyak produsen mobil yang menggunakannya.

Dari ketiganya yang masih banyak digunakan adalah jenis stik. Rem tangan diandalkan pengemudi ketika lalu lintas sedang macet, di tanjakan atau turunan, dan sebagainya.

Namun tidak banyak pengemudi yang menyadari bahwa rem tangan jenis stik bisa saja rusak jika tidak diperlakukan dengan baik. Saat menarik tuas tidak boleh asal, supaya pengereman bekerja maksimal.

Rudi Ganefia, kepala bengkel Auto2000 Krida, memberikan tips memperlakukan rem tangan yang benar:

1. Pastikan klikan rem tangan 4 sampai 7 klikan saat di tarik. Apabila lebih dari 7 klik harap dibawa ke bengkel untuk dilalukan penyetelan.

2. Jangan terlalu sering meggunakan rem tangan saat kendaraan berhenti, baik di lampu merah atau berhenti sesaat.

3. Apabila kendaraan diparkir di jalan yang miring, tambahkan dengan pengganjal roda untuk membantu meringankan kerja rem tangan.

4. Jangan menginjak atau menarik rem tangan secara berlebihan.

5. Lakukan servis berkala di bengkel resmi karena penyetelan rem tangan akan dilakukan saat servis berkala. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini