nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Begini Cara Bugatti Membuat Hypercar Tercepat di Dunia

Anton Suhartono, Jurnalis · Kamis 16 Februari 2017 07:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 02 15 15 1619241 begini-cara-bugatti-membuat-hypercar-tercepat-di-dunia-nRRpd1ZQbU.jpg Pabrik Bugatti memproduksi model Chiron (Automobiles SAS)

PARIS - Bugatti Chiron dikenal sebagai mobil paling eksklusif yang pernah dibuat saat ini. Tak heran, karena hypercar ini merupakan mobil versi produksi massal tercdepat di dunia dengan kemampuan akselerasi dari 0-100 kilometer per jam dalam 2,6 detik.

Hypercar tersebut hanya diproduksi 70 unit per tahun secara manual. Harga per unitnya 2 juta poundsterling atau sekira Rp33,2 miliar.

Baru-baru ini Bugatti mengungkap bagaimana Chiron diproduksi di pabrik Molsheim, Prancis, melalui foto-foto.

Menurut pihak Bugatti, satu unit Chiron ditangani oleh 20 orang dan waktu pengerjaannya memakan waktu enam bulan. Tak ada robot di pabrik itu sebagaimana lazim ditemukan di fasilitasi produksi mobil merek lain. Pemasangan 1.800 komponen dilakukan secara manual dengan tingkat ketelitian yang tinggi. Saat ini ada 12 unit Chiron yang sedang dikerjakan.

 

Dalam foto yang dirilis Bugatti, tampak proses bagaimana mobil demi mobil dikerjakan, seperti pengecekan komponen kendaraan yang masuk ke fasilitas produksi, perakitan, pengecekan kualitas, hingga kendaraan dalam bentuk utuh.

Seperti diketahui, Bugatti Chiron merupakan mobil pesanan khusus atau bespoke. Setiap konsumen bisa saja menginginkan spesifikasi yang berbeda-beda. Karena itulah, setiap pekerja sangat mungkin menangani komponen berbeda meski mobilnya sama.

Sebut saja ada 23 warna mantel standar dan delapan variasi karbon pada eksterior. Pemesan juga bisa memilih 31 jenis kulit dan delapa warna Alcantra. Belum termasuk 30 variasi jahitan, 18 karpet, dan 11 warna sabuk keselamatan.

Jika pemesan membayar lebih, mereka bisa memilih sendiri warna selain yang ditawarkan pabrikan.

Christophe Pionchon, anggota board of management Bugatti yang bertanggung jawab kepada produksi dan logistik, memantau langsung seluruh proses pembuatan mobil. Setiap pekerjaan yang tidak memenuhi standar akan diulang.

"Inilah Molsheim, kami punya pabrik yang kecil dengan bengkel kerja yang kecil pula. Dalam hal peralatan dan prosedur bisa dibandingkan dengan pabrik mobil lainnya," ujar Pionchon.

Jangankan peralatan, lantai di fasilias produksinya pun sangat spesial. Menurut Bugatti, lantai terbuat dari bahan plastik khusus berwarna putih yang sangat bersih, seperti catwalk tempat melajunya para model.

 

"Kami di sini membangun mobil supersport. Ini sangat bersih. Tapi ini yang memang kami kerjakan, membuat mobil cara manual eksklusif bagi individu di pabrik yang sangat khas atmosfernya. Ini yang membuat kami unik," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini