Perang Tiga Model SUV di Pasar Automotif Indonesia

Mufrod, Jurnalis · Jum'at 24 Februari 2017 15:19 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 24 15 1627222 perang-tiga-model-suv-di-pasar-automotif-indonesia-KvUyKFR9PZ.jpg Ilustrasi Chevrolet Trailblazer (Foto: Mufrod/Okezone)

JAKARTA – Tren pasar SUV yang terus tumbuh rupanya tak hanya terjadi di beberapa negara di luar negeri. Indonesia sendiri saat ini tertular tren perkembangan kendaraan jenis SUV medium meski mobil keluarga tetap mendominasi segmen pasar terbesarnya.

Hingga kini persaingan berat terjadi dari dua produsen yakni Toyota melalui Fortunernya dan pesaingnya yakni Mitsubishi Pajero. Bahkan baru-baru ini, produsen General Motors menghadirkan generasi terbaru Chevrolet Trailblazer yang baru saja diluncurkan untuk pasar Indonesia.

Untuk bersaing dengan Mitsubishi Pajero, Toyota Fortuner memboyong dua pilihan mesin bensin 2,7 liter dan 2,4 liter untuk mesin dieselnya. Harga yang ditawarkan pun paling murah Rp442 juta hingga Rp557 juta untuk tipe VRZ 2,4 liter 4x4. Mitsubishi Pajero Sport sendiri tak ingin kalah, selain menghadirkan desain baru yang tak kalah berotot dengan Toyota Fortuner.

Dari sektor mesinnya, Mitsubishi Pajero Sport dibekali dua pilihan mesin yakni diesel dengan kapasitas 2,5 liter, sedangkan versi bensinnya memiliki kubikasi mesin 2,4 liter. Untuk harga yang dibanderol mulai dari Rp446 juta sedangkan tipe tertingginya mencapai Rp623 juta.

Sedangkan pendatang terbaru yakni Chevrolet Trailblazer, hanya menawarkan mesin diesel berkapasitas 2,5 liter, namun SUV yang akan bersaing dengan Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero ini memiliki keunggulan fitur canggih yang tidak dimiliki kedua pesaingnya.

Seperti fitur remote start yakni menyalakan mesin dengan menekan tombol remote serta pengoperasian AC juga melalui remote layaknya di rumah. Selain itu, Trailblazer juga dilengkapi keamanan fitur lane departure warning, forward collision alert, side blind zone alert, hills start assist, dan lainnya.

Dari sektor pacu, Trailblazer ini juga mengusung mesin diesel terbaru berkapasitas 2,5 liter, lebih kecil dari pendahulunya. Namun tenaga yang dihasilkan lebih besar yakni 180 ps dan torsinya 440 nm. Tenaga putaran bawah Trailblazer terbilang yang terbesar di kelasnya. Kelebihan lain, mobil ini bisa menggunakan bahan bakar bio solar (B20).

Untuk memboyong SUV Amerika Serikat ini, Chevrolet menawarkannya dengan harga Rp430 juta sedangkan tipe tertingginya LTZ dibanderol seharga Rp445 juta.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini