Share

Alasan Honda Indonesia Hanya Mengekspor Komponen bukan Mobil

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Selasa 28 Februari 2017 09:12 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 28 15 1629835 alasan-honda-indonesia-hanya-mengekspor-komponen-bukan-mobil-qmkVzsjjqo.jpg Honda Mobilio (Okezone)

KARAWANG - Pabrik PT Honda Prospect Motor (HPM) yang terletak di Kawasan Industri Mitrakawarang (KIM), Desa Parung Mulya, Karawang, Jawa Barat, tidak hanya memproduksi mobil tapi juga komponen. Saat ini Honda memproduksi tujuh model mobil, semuanya diperuntukkan bagi pasar domestik.

Berbeda dengan komponen yang diproduksi bukan hanya untuk memenuhi pasar domestik, tapi juga ekspor. HPM mengaku belum ada rencana untuk mengirim salah satu dari model tersebut ke pasar di luar Indonesia.

"Strategi kami berbeda. Honda itu filosofinya di mana ada permintaan, dia mau produksi. Jadi masing-masing negara diberikan kapasitas produksi tertentu. Sehingga untuk ekspor, kita lakukan itu untuk komponen. Saling tukar komponen itu lebih banyak nilainya," ujar Jonfis Fandy, marketing and aftersales service director HPM, Senin 27 Februari 2017.

Komponen-komponen yang diekspor untuk diaplikasikan ke mobil Honda Jazz, Brio, Mobilio, dan lainnya.

Ada berbagai komponen mobil yang diekspor seperti part mesin yang terdiri dari cylinder head dan cylinder block. Ada juga body parts meliputi hood comp, paner RR inside, R/L inside, skin hood, dan frame.

Negara tujuan ekspor HPM selalu mengalami peningkatan. Saat ini sudah ada 12 negara yang menjadi sasaran ekspor, yaitu Thailand, Pakistan, Turki, Filipina, Vietnam, Taiwan, Jepang, Meksiko, Brazil, India, dan Argentina. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini