Siapa Saja Kalangan Pembeli Produk Audio Mobil Aftermarket?

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Selasa 28 Februari 2017 10:17 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 28 15 1629836 siapa-saja-kalangan-pembeli-produk-audio-mobil-aftermarket-ZGWpchiQgV.jpg Ilustrasi audio mobil (Foto: Santo/Okezone)

JAKARTA - Bosan dengan tampilan yang ada atau ingin meng-upgrade aksesori mobil, biasanya pemilik membeli produk aftermarket, sebut saja satu di antaranya audio. Banyak produk audio aftermarket, baik buatan dalam negeri maupun impor, yang dijual di Indonesia.

Peminat audio mobil terbagi menjadi dua, yaitu kalangan pengguna mobil harian dan sebagai pelengkap untuk modifikasi. Nah, dari keduanya siapa yang paling dominan menggunakan produk audio mobil aftermarket?

Menurut Max Adam Kamil, head of promotions Pioneer Indonesia, peminat paling banyak produk audio aftermarket merupakan para pemilik mobil harian.

"Karena pengguna mobil harian juga butuh huburan, terutama masalah gadget. Karena aplikasi itu paling penting ada di mobil, kayak navigasi, musik, dan lainnya. Jadi seiring perkembangannya, saya pikir dunia modifikasi stagnan tapi di dunia harian justru makin bertambah. Biar pun ekonomi global memengaruhi penjualan mobil, tapi penurunan enggak signifikan terhadap produk aftermarket," jelas Adam.

Sementara itu, Wahyu Tanuwidjaja, direktur dan pemilik PT Audioworkshop, mengatakan pada dasarnya mengubah audio mobil standar dengan produk aftermarket merupakan selera dari pemilik mobil.

"Konsumen itu dibagi dua, ada yang hanya sekadar tambah speaker, bass, tweeter, dan sebagainya. Ada lagi yang menganggap audio itu sebagai hobi, seperti untuk kontes dan lainnya. Kalau saya bilang kedua market itu masih ada, tapi market yang add-on lebih banyak," cetusnya. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini