Pelek Motor Serat Karbon Ini Janjikan Kekuatan dengan Bobot Ringan

Mufrod, Jurnalis · Rabu 01 Maret 2017 14:44 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 01 15 1631273 pelek-motor-serat-karbon-ini-janjikan-kekuatan-dengan-bobot-ringan-zAZ9WyfZsW.jpg Pelek motor serat karbon Rotobox (Foto: Autoevolution)

NEW YORK - Sejak Ford menjadi produsen mobil pertama yang kembangkan pelek ringan dengan bahan serat karbon, kini sebuah perusahaan pelek bernama Rotobox yang juga bermarkas di Amerika Serikat, menawarkan pelek sepeda motor berbahan serat karbon.

Keunggulan pelek tunggangan roda dua ini tak jauh berbeda dengan pelek mobil serat karbon yang dikembangkan produsen Ford, yakni ringan dan kuat. Rotobox sendiri mengklaim berat pelek karbonnya 50% lebih ringan dari pelek standar pabrikan.

Masalah kekuatannya, pelek ini juga diklaim memiliki kemampuan di atas kekuatan pelek model jari-jari. Penggunaan pelek ini juga mampu meningkatkan pengendalian stabilitas tinggi di jalan lurus, menunjang kinerja suspensi yang lebih maksimal, hingga memberikan sistem pengereman yang lebih efektif.

Tak hanya itu, saat menikung kinerja pelek ringan ini juga mengurangi efek gyroscopic saat sepeda motor melakukan manuver menikung.

Secara keseluruhan keunggulan pelek serat karbon ini, dirancang dengan tiga komponen konstruksi composite yang memformulasikan material karbon dan epoxy yang diperkuat dengan kawat stainless steel. Selain itu, pelek ini diproduksi dengan sistem resin transfer molding (RTF) yang membuat tingkat kepadatan sempurna.

Selain model standar, pelek serat karbon ini juga bisa dipesan dengan berbagai macam warna cat hingga grafis untuk kebutuhan kustomisasi kendaraan. Sayang Rotobox belum merilis harga pelek ringannya.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini