Share

Punya Dana Rp100 Juta, Pilih Beli Motor atau Mobil?

Agregasi Cekaja.com, Jurnalis · Jum'at 10 Maret 2017 19:41 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 10 15 1639806 punya-dana-rp100-juta-pilih-beli-motor-atau-mobil-VrzmLmIfqg.jpg Ilustrasi mobil dan motor (Foto: Bentrivercreditunion)

JAKARTA - Memiliki kendaraan pribadi adalah impian semua orang. Di samping nyaman, memiliki kendaraan sendiri bisa menghemat pengeluaran. Ada dua pilihan kendaraan yaitu sepeda motor atau mobil. Jika memiliki dana Rp100 juta, kira-kira kendaraan apa yang akan Anda beli sebagai kendaraan pertama?

Sebagai bantuan sekaligus refensi untuk Anda yang bingung dalam memilih di antara keduanya, berikut ini penjelasan singkatnya seperti dikutip dari Cekaja, Jumat (10/3/2017):

Harga: Motor lebih murah daripada naik mobil

Kalau berbicara tentang harga, motor tentu lebih murah daripada mobil. Motor matic 125 cc sudah bisa dibawa pulang dengan harga Rp13,5 juta. Sedangkan sebuah city car bisa seharga 6-10 kali lipat dari harga tersebut. Jika punya uang Rp100 juta dan memutuskan untuk beli motor, uang yang tersisa masih sangat banyak dan bisa digunakan untuk kebutuhan lain.

Kemudahan penggunaan: Motor lebih mudah digunakan daripada naik mobil

Motor memang sangat mudah digunakan, bagi yang ribet dengan motor transmisi manual, ada pilihan motor bertransmisi otomatis. Maka tak heran, motor matik menjadi kendaraan favorit ibu-ibu.

Kegunaan: Keduanya punya kelebihan dan kekurangan

Jika membicarakan dari sisi ringkas, jelas motor lebih ringkas. Misalnya hendak ke warung yang jaraknya hanya 2 km. Mengeluarkan motor dari garasi tentu lebih mudah daripada mengeluarkan mobil. Motor juga lebih hemat waktu di jalanan yang macet.

Namun motor hanya bisa menampung dua penumpang, membuat Anda tidak bisa membawa banyak barang dan bisa kehujanan. Semua kekurangan motor ini menjadi kelebihan mobil.

Keamanan: Mobil lebih aman

Urusan aman dan nyaman, mobil memang lebih unggul. Meski sudah memakai helm, risiko kecelakaan ketika mengendarai motor masih tinggi.

Sementara itu, mobil dilengkapi dengan seat belt dan air bag yang menahan benturan kepala jika terjadi kecelakaan.

Penghematan jangka panjang: Motor lebih hemat

Terlepas dari harganya yang murah, biaya pemeliharaan motor juga lebih murah. Karena mesinnya lebih kecil dibandingkan mobil, motor lebih sedikit menghabiskan bahan bakar. Memang saat ini sudah banyak mobil hybrid atau mobil yang hemat bahan bakar. Tapi fasilitas ini diikuti dengan harga jual yang mahal pula.

Selain itu, harga suka cadang dan asuransi mobil lebih mahal daripada motor. Artinya, pengeluaran per bulan akan lebih mahal saat memiliki mobil.

Saat harus memilih antara mobil dan motor, pilihlah kendaraan berdasarkan kebutuhanmu. Bukan berdasarkan gengsi atau penilaian orang lain. Dengan memiliki kendaraan sesuai kemampuan dan kebutuhan, finansial pun tetap sehat. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini