Bisnis Stiker Bodi Mobil Marak, Produk Cat Aftermarket Tergerus?

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Jum'at 17 Maret 2017 08:45 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 17 15 1644980 bisnis-stiker-bodi-mobil-marak-produk-cat-aftermarket-tergerus-8clSwAzyTO.jpg Produk cat mobil (Foto: Santo/Okezone)

JAKARTA - Belakangan ini banyak pemilik kendaraan yang membungkus mobilnya dengan stiker. Tidak sedikit yang beranggapan bahwa memakai stiker bisa melindungi warna asli pabrikan. Selain itu, stiker juga dianggap dapat menjaga cat mobil agar tidak mudah tergores.

Stiker juga dimanfaatkan oleh sebagian orang yang sudah bosan dengan warna mobil dan ingin tampil beda. Stiker dipilih karena pengerjaannya lebih cepat dan mudah dilepas jika ingin mengganti warna lain. Lantas ramainya penggunaan stiker mobil, apakah produk cat aftermarket akan tergerus?

"Sebetulnya ada market sendiri-sendiri. Kami membidik pasar konsumen yang mobilnya habis terlibat kecelakaan atau ingin melakukan pengecatan ulang sesuai warna mobil terdahulu. Selain itu dalam dunia modifikasi, kami juga terlibat," ujar Kuswantoro Pranabudi, country director PT Nippon Paint Auto Refinishes Indonesia, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Meskipun banyak konsumen yang menggunakan stiker, pihaknya yakin cat mobil tetap akan ada peminatnya. Selain itu pihaknya terus berinovasi menghasilkan produk yang sesuai dengan keinginan konsumen.

"Kita sebagai pemain cat harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman," tambahnya.

Soal harga di mana pemasangan stiker lebih murah ketimbang pengecatan, menurut dia hal itu merupakan bagian dari dinamika pasar.

"Kami bukan hanya perusahaan cat tapi juga coating (pelapisan), karena coating bisa ke mana saja," pungkas dia.‎ (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini