nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penantang Honda Jazz dari Nissan Selangkah Lagi Masuk Indonesia?

Anton Suhartono, Jurnalis · Rabu 29 Maret 2017 13:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 03 29 15 1653478 penantang-honda-jazz-dari-nissan-selangkah-lagi-masuk-indonesia-xqjzI0sGAw.jpg Nissan Note (Carsifu)

BANGKOK - Nissan meluncurkan hatchback kelas B-nya, Note, di Thailand pada Januari 2017. Untuk menyegarkan kembali, Nissan memamerkan Note lagi di ajang Bangkok International Motor Show 2017.

Note akan meramaikan pasar kendaraan hatchback kelas B yang diisi oleh Honda Jazz dan Toyota Yaris.

Di Thailand, Note dipasarkan di bawah Program Eco-Car Phase 2. Dengan begitu, harga jualnya bisa ditekan karena memenuhi syarat yang diajukan pemerintah, terutama dari sisi ramah lingkungan.

Mesinnya menggunakan 1,2 liter, tiga silinder, yang dipadukan dengan sistem transmisi otomatis. Konsumsi bahan bakarnya 20 kilometer per liter.

Sementara fitur keamanannya didukung dengan anti-lock braking system (ABS), electronic brake-force distribution (EBD), dan brake assist.

Lantas bagaimana dengan Indonesia? President Director PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Antonio Zara mengatakan, pihaknya akan melengkapi jajaran produk yang dipasarkan di Indonesia, termasuk jenis hatchback. Saat ini Nissan hanya memasarkan hatchback March yang bermain di kelas A, bersaing dengan Toyota Etios Valco, Honda Brio, Daihatsu Sirion, dan Mitsubishi Mirage.

"Itu adalah kekuatan dari Nissan. Menurut saya, kami enggak mau berpartisipasi hanya di segmen yang besar atau sport segmen. Kami adalah perusahaan global, dan perusahaan global yang bagus untuk sebuah merek adalah memiliki semua segmen," kata Toti pada Januari lalu.

Soal Note, Toti mengatakan akan mempelajari pasar terlebih dahulu. Meski demikian, Nissan Note berpeluang besar dibawa ke Tanah Air.

"Kami bisa mengekspornya dengan skema AFTA (ASEAN Free Trade Agreement). Tapi kami bakal mempelajarinya terlebih dahulu untuk menjadi produk yang akan kami pasarkan di sini," ungkapnya.

Dengan kehadirannya di Thailand, hal ini merupakan pertanda Note segera masuk Indonesia.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini