nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Begini Jadinya jika Mobil Dibungkus Bulu Burung Sintetis

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Senin 03 April 2017 09:14 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 04 01 15 1656637 begini-jadinya-jika-mobil-dibungkus-bulu-burung-sintetis-dZbczWP7P4.jpg McLaren 570GT (Paultan)

LONDON - Perusahaan mobil sport mewah asal Inggris, McLaren, belum lama ini mengumumkan peluncuran Feather Wrap (pembungkus bulu) sebagai pilihan untuk model 570GT. Setidaknya ada 10.000 bulu burung palsu dari bahan sintetis yang akan membungkus seluruh bodi mobil langsing itu. Proses penempelannya ke bodi mobil menggunakan tangan, dengan lama pengerjaan sekira 300 jam.

Bulu burung sintetis memiliki panjang tujuh sentimeter dan dilapisi dengan pernis pearlescent. Semua bulu ditempel secara pararel ke arah depan supaya bisa menjadi bantalan efek dari udara yang mengalir di atas tubuh mobil. Bulu-bulu bertindak sebagai alur angin ke belakang.

“Insinyur dan desainer kami telah lama terinspirasi oleh alam dengan tujuan untuk menciptakan bentuk paling ringan dan paling aerodinamis di jalan. Kami menyebutnya biomimicry. Dan saat itu merupakan hari yang indah di sekitar kampus kami bahwa salah satu dari kami menatap burung-burung berputar-putar di danau kami, kemudian mengambil bulu burung dari tanah dan meletakkannya di sebuah mobil. Setelah itu terjadi percakapan dengan para pengrajin dan wanita di  McLaren Special Operations (MSO) yang menyebabkan penciptaan Feather Wrap,” terang Robin Crane, McLaren Biomimicry Specialist, dikutip dari Paultan.

Bila mobil melaju dengan kecepatan tinggi, maka diperkirakan bulu-bulu akan bergetar. Guna mengurangi efek tersebut, pihaknya hanya menambahkan 2,5 kilogram bulu dari berat mobil.

“Prestasi kami telah mencetak burung kecil melalui proyek ini. Feather Wrap sudah bisa dipesan sebagai pilihan untuk McLaren 570GT pada tanggal 1 April 2017," pungkas Crane. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini