nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bus Masa Depan Terinspirasi dari Sepeda Motor

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Kamis 13 April 2017 00:13 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 04 13 15 1666035 bus-masa-depan-terinspirasi-dari-sepeda-motor-jBEVaa1YDs.jpg Bus mas depan Siroco (Imaginactive)

MONTREAL - Ciri khas dari sebuah mobil konsep adalah bentuknya yang tidak lazim, atau berbeda dengan tampilan mobil yang sekarang ini banyak terlihat di jalan raya. Hal itu wajar saja mengingat rata-rata mobil konsep masih dalam proses pengembangan dan penelitian sehingga nantinya banyak yang akan berubah sebelum masuk jalur produksi.

Biasanya inspirasi dalam pembuatan mobil konsep bisa datang dari mana saja, sebut saja salah satunya sepeda motor. Seorang desainer asal Montreal, Kanada, Bing Xiao Liu mencoba membuat kendaraan masa depan jenis bus yang konsepnya diambil dari sepeda motor. Kendaraan impian yang diberi nama Siroco tersebut akan menjadi bus sepeda motor pertama di dunia.

Motor dipilih sebagai sumber inspirasinya karena pergerakannya di jalan yang tidak memakan banyak tempat. Meski demikian Siroco mampu menampung banyak penumpang.

Soal keseimbangan, sepeda motor berkabin itu menggunakan teknologi gyroscopic seperti digunakan pada Riding Assist Honda serta BMW Motorrad Vision. Sehingga kendaraan tidak akan jatuh sekalipun dalam kondisi berhenti.

Gyroscopic pada Siroco mampu menjaga kesimbangan kendaraan meski posisi penumpang tidak seimbang atau saat kendaraan berbelok. Kendaraan ini bisa berbelok seperti sepeda motor pada umumnya yang dengan memiringkan bodi.

Siroco diciptakan sebagai kendaraan antarkota dengan dengan jarak tempuh menengah. Saat ini Liu masih menyempurnakan model prototipenya itu. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini