Ini yang Bikin Ban Radial Lebih Awet Dibandingkan Ban Biasa

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Kamis 13 April 2017 09:14 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 13 15 1666111 ini-yang-bikin-ban-radial-lebih-awet-dibandingkan-ban-biasa-jrOhBDaKWo.jpg Ilustrasi ban radial (Foto: Topspeed)

KARAWANG - Sama seperti komponen lainnya pada sepeda motor, ban juga memiliki usia pakai. Namun hal itu bergantung dari jenis dan cara pemakaian sepeda motornya.

Untuk ban sepeda motor radial, jika pemakaiannya normal maka usia pakainya bisa mencapai 15 ribu kilometer. Umur pakai ban radial lebih panjang dan awet ketimbang jenis ban lain. Hal ini dikarenakan ban radial dibuat menggunakan bahan-bahan pilihan yang berkualitas.

"Ban radial bisa awet karena dari sisi konstruksi itu memakai steel belt (sabuk baja). Itu membuat panas di dalam ban lebih lama. Kalau ban biasa, katakanlah jalan 60 kilometer per jam selama satu jam temperatur di dalam ban itu kira-kira sudah 70 derajat. Tapi kalau radial itu 50 derajat dan itu pasti memperpanjang usia pakai," ujar Arijanto Notorahardjo, EVP marketing & sales replacement MC Tire PT Gajah Tunggal, Kemarin.

Supaya lebih awet lagi, tambah dia, sebaiknya ban radial diisi dengan nitrogen (N2). Sebab umumnya suhu nitrogen lebih stabil dari pada angin biasa. Selain itu, bobot nitrogen lebih ringan dan partikelnya lebih besar sehingga tidak mudah keluar dari pori-pori ban. Jadi tidak perlu melakukan pengisian terlalu sering.

"Sebenarnya semua ban direkomendasikan menggunakan nitrogen, tapi kan relatif ya bergantung pemilik motor karena harga nitrogen lebih mahal dari angin," pungkas dia. (San)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini