Toyota Tak Khawatir Ada Honda CR-V 7-Seater

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Jum'at 28 April 2017 20:40 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 28 15 1679116 toyota-tak-khawatir-ada-honda-cr-v-7-seater-3vPQ0YTokS.jpg Toyota Fortuner (Okezone)

JAKARTA - Saat ini segmen sport utility vehicle (SUV) 7-seater atau berkapasitas tujuh penumpang tengah ramai di pasar automotif Indonesia. Ada beberapa agen pemegang merek (APM) di Indonesia yang bermain di segmen tersebut, sebut saja, Toyota Fortuner, Mitsubushi Pajero Sport, Isuzu MU-X, dan Hyundai Santa Fe. Satu lagi pendatang yang baru saja meluncur yaitu Honda CR-V.

Melihat adanya pemain baru di segmen tersebut, lantas apa tanggapan dari PT Toyota Astra Motor (TAM) APM mobil Toyota? "Bagus dong", ujar Executive General Manager Vehicle Sales Planning TAM, Fransiscus Soerjopranoto, singkat.

Menurut dia, pilihan masyarakat akan semakin banyak. Hanya saja, segmen keduanya berbeda.

Karena itu dia yakin CR-V 7-seater tidak akan memakan pasar Fortuner. Alasan lainnya, penjualan Fortuner dengan mesin diesel lebih besar dari pada bensin. Sementara CR-V tidak ada yang bermesin diesel.

"Pertama basic-nya Fortuner kita itu lebih banyak diesel bukan bensin. Itu satu faktornya jadi kita lebih melihat ke Pajero. Sedangkan yang bensin itu ke CR-V, memang CR-V kan sudah lama. Kalau Toyota punya dua mesin, bensin dan diesel. Kalau diesel kita menghadapnya ke Mitsubishi (Pajero). Nah untuk yang menghadap ke CR-V-nya enggak banyak lebih banyak ke arah diesel," terang Soerjopranoto.

Saat ini komposisi penjualan Fortuner diesel mendominasi yakni 60 sampai 70 persen. Sementara bila digabung, total penjualannya per bulan sekira 2.000 sampai 2.500 unit. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini