Share

Agya Belum Pakai Head Unit Layar Sentuh, Ini Penjelasan Toyota

Santo Evren Sirait, Okezone · Selasa 02 Mei 2017 06:56 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 02 15 1680837 agya-belum-pakai-head-unit-layar-sentuh-ini-penjelasan-toyota-A44TJmwDst.jpg Head unit new Agya (Foto: Santo/Okezone)

JAKARTA - Toyota Agya dan Daihatsu Ayla merupakan saudara kembar. Keduanya dibangun dalam satu pabrik. Walaupun kembar, tapi ada beberapa bagian yang membuat penampilan keduanya beda, salah satunya adalah head unit.

Pada Ayla tipe 1.2 R dan R Deluxe sudah mengadopsi head unit double DIN layar sentuh. Sedangkan Agya tipe 1.2 TRD dan 1.2 G sudah double DIN namun tidak dilengkapi dengan perangkat layar sentuh.

"Jadi kan emang itu based on survey-nya di customer dia (Ayla), yang penting bisa bluetooth. Kadang-kadang ada juga yang enggak suka mereka (konsumen), apalagi mereka basic-nya dari motor. AC digital saja banyak yang berkomentar, jadi juga banyak yang dilema juga," ujar Tomy Hermansyah, product knowledge PT Toyota Astra Motor (TAM), belum lama ini.

Saat ini head unit layar sentuh sudah menjadi tren. Banyak pabrikan automotif mengaplikasikannya pada mobil keluaran baru. Menurut Tommy karakter konsumen Agya menilai lebih kepada fungsi saja.

"Kalau buat audio yang penting itu radio masih oke, tambahin bluetooth, aux juga sudah oke. Daripada touchscreen (layar sentuh), kalau touchscreen di Yaris misalnya itu kan untuk navigasi juga, mirroring itu baru terpakai. Tapi kan speknya terlalu tinggi (kalau diterapkan di Agya)," terang Tommy.

Dia menegaskan ada beberapa konsumen yang tidak suka dengan head unit layar sentuh. Mereka masih suka yang biasa. "Jadi itu semua berdasarkan konsumen," pungkas dia.

Dari pengamatan Okezone saat melakukan impresi pertama Agya 1.2 G, ada satu yang cukup unik di head unitnya. Meski belum layar sentuh tapi sistem pengoperasian seperti radio, voice command, dan lainnya tidak perlu ditekan. Namun hanya menyentuh saja. Sedangkan untuk mengatur volumenya masih menggunakan cara konvensional dengan mode putar. Head unit-nya juga dilengkapi dengan layar kecil di tengah sebagai informasi channel radio, bluetooth, dan sebagainya. (san)

Follow Berita Okezone di Google News

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini