Impresi Toyota Agya 1.200 Cc

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Selasa 02 Mei 2017 09:17 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 02 15 1680857 impresi-toyota-agya-1-200-cc-KuK1nS7g4i.jpg Toyota Agya (Foto: Santo/Okezone)

JAKARTA - PT Toyota Astra Motor (TAM) agen pemegang merek mobil Toyota di Indonesia secara resmi meluncurkan new Agya pada 7 April 2017. Mobil low cost green car (LCGC) ini hadir dengan desain eksterior dan interior baru di samping sektor jantung penggeraknya. Jika pada model sebelumnya hanya tersedia satu pilihan mesin yaitu 1.000 cc, namun kini Toyota juga menawarkan mesin lebih besar 1.200 cc.

Selang beberapa pekan setelah peluncuran TAM mengajak sejumlah media nasional untuk melakukan first drive Agya. Bertempat di pelataran parkir di Ancol, Jakarta Utara, Toyota Menyiapkan lima Agya dari berbagai tipe maupun transmisi.

Dari unit tes drive yang disediakan, kebetulan Okezone mendapat Agya tipe 1.2 G dengan transmisi otomatis.

Berbeda dengan model sebelumnya, grille new Agya kini tampak lebih besar dengan lekukan yang seakan menyatu dengan lampu kabut di sampingya. Lampu utama kini sudah mengadopsi projector dan ditemani oleh LED sebagai lampu petunjuk. Desainnya sedikit lebih kecil dibanding lampu utama pada model lama. Kesan stylish ditunjukkan lewat lampu belakang yang sudah dilengkapi dengan LED berbentuk huruf 'L'. Peleknya tampil dengan desain baru berukuran 14 inci menambah kesan sporty pada mobil.

New Agya memiliki nuansa kabin baru karena dihiasi dengan kombinasi warna hitam dan cokelat pada jok, serta silver pada konsol tengah dan door trim. Jok terbuat dari material semi bucket yang lebih tebal sehinggga menambah kenyamanan penumpang maupun pengemudi.

Audinya sudah double DIN, dilengkapi dengan layar kecil di tengahnya. Walaupun belum layar sentuh, tapi sistem pengoperasiannya hanya tinggal sentuh logo yang ada di head unit tanpa harus menekannya. Untuk lebih memudahkan dalam mengoperasikan audio selama berkendara, Agya dilengkapi steering switch.

New Agya tipe 1.2 G A/T telah dibekali dengan mesin 1.200 cc dual VVT-i yang mampu menyemburkan tenaga 88 ps. Tenaga disalurkan ke roda dengan transmisis empat percepatan. Penggunaan mesin baru yang diadopsi dari Calya ini terasa lebih halus dan sedikit getaran.

Ketika mobil diajak berkeliling kawasan Ancol, terasa mesin baru ini cukup responsif. Tarikan awalnya tidak ada jeda. Sistem pengeremannya juga responsif, tidak perlu menginjak pedal terlalu dalam.

Tampang ekterior yang sudah modren ditambah fitur baru termasuk keamanan membuat new Agya 1,2 G A/T sangat pantas dibanderol Rp147,6 juta. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini