nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Modal Pede Royal Enfield Bersaing dengan Merek Jepang & Eropa di Indonesia

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Rabu 03 Mei 2017 08:47 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 05 03 15 1681778 modal-pede-royal-enfield-bersaing-dengan-merek-jepang-eropa-di-indonesia-YDy0I3yp0X.jpg Royal Enfield (Foto: Santo/Okezone)

JAKARTA - Pasar sepeda motor klasik di Indonesia tengah mengalami pertumbuhan. Hal tersebut ditunjukkan dari banyaknya pabrikan yang menghadirkan motor klasik, seperti Royal Enfield.

Ada banyak model sepeda motor yang dipasarkan Royal Enfield di Indonesia, di antaranya Bullet 350, 500, Classic 350, 500, 500 Battle Green, 500 Desert Strom, Classic Chrome, Rumbler 500, dan Continental GT.

Model motor yang ditawarkan mengadopsi mesin dengan kapasitas menengah yakni antara 350 dan 500 cc. Dengan mesin menengah, Royal Enfield percaya diri malawan pesaingnya di segmen motor klasik.

"Pasar motor klasik, kami sangat yakin karena kami mengincar pasar dari sisi size engine. Kami kan di mid size (mesin menengah). Mungkin beberapa merek lain punya, tapi sementara ini bukan menjadi fokus mereka. Mereka lebih main di bawah atau di premium big bike sekalian," ujar Ade Sulistioputra, managing director, PT Distributor Motor Indonesia (DMI), selaku Royal Enfield exclusive dealer.

Soal harga, lanjut dia, produk Royal Enfield masih lebih terjangkau ketimbang motor bergaya klasik keluaran pabrikan Jepang atau Eropa. "Mereka kasih harga Rp300 jutaan ke atas. Jadi kami menemukan market yang ternyata pasarnya lumayan besar. Kita lihat saja dari komunitas, tanpa kami apa-apain saja mereka sudah gerak sendiri," tambah Ade.

Selain itu, kata dia, motor klasik Royal Enfield tidak hanya dijadikan sebagai koleksi, tapi ada juga yang menggunakannya sebagai kendaraan harian. "Konsumen sudah menggunakannya sebagai kendaraan harian untuk beraktivitas. Bahkan dari sisi value for money, orang lihat ini sudah oke. Awalnya dianggap pasti mahal harganya, ternyata dengan adanya bantuan leasing makin banyak orang memiliki motor Royal Enfield," tukasnya. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini