Share

Sama-Sama 7-Seater, MPV dan SUV Punya Kelebihan Masing-Masing

Santo Evren Sirait, Okezone · Kamis 04 Mei 2017 06:58 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 04 15 1682746 sama-sama-7-seater-mpv-dan-suv-punya-kelebihan-masing-masing-C9mRPloxMP.jpg Toyota Rush (Okezone)

JAKARTA - Awalnya mobil sport utility vehicle (SUV) mengakomodasi lima penumpang. Namun seiring berjalannya waktu kini SUV tidak hanya menawarkan dua baris bangku melainkan tiga yang mampu menampung sampai tujuh penumpang. Melihat fenomena tersebut, apakah ada perubahan tren di segmen SUV?

"Itu bukan perubahan tren, jadi memang mau tidak mau produsen itu membuat mobil SUV bisa 7-seater. Jadi seperti Rush, Terios, dan ada juga CR-V, itu semua 7-seater," ujar Executive General Manager Vehicle Sales Planning PT Toyota Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto, belum lama ini.

Mobil dengan bangku tiga baris selama ini identik dengan multi purpose vehicle (MPV). Meski secara kapasitas penumpang sama, namun SUV dan MPV mempunyai kelebihan masing-masing. Apa yang dimiliki oleh SUV belum tentu ada di MPV.

"Kalau yang SUV yang enggak didapat di MPV jelas ground clearance-nya lebih tinggi. Kemudian power juga SUV lebih kuat. Jadi pada akhirnya konsumen punya pilihan yang agak di tengah-tengah, bisa 7-seater terus," jelas pria yang akrab disapa Soerjo ini.

Soal dimensi, sudah jelas MPV akan lebih panjang dan lebar. Ini berdampak pada kenyamanan penumpang serta kapasitas bagasi.

"Kalau SUV tambah bangku tiga efeknya sempit. Karena SUV itu lebih pendek," pungkas Soerjo. (san)

Follow Berita Okezone di Google News

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini