TVS Mendapat Hak Paten untuk Sepeda Motor Hybrid

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Selasa 09 Mei 2017 08:14 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 08 15 1686455 tvs-mendapat-hak-paten-untuk-sepeda-motor-hybrid-UnRA5Ydnr2.jpg TVS Qube (Indianautosblog)

NEW DELHI - Pabrikan sepeda motor asal India,TVS Motor Company, sudah mengajukan hak paten sistem propulsi tenaga untuk kendaraan roda dua dengan teknologi hybrid sejak 2008. Setelah menunggu lama, akhirnya belum lama ini TVS secara resmi mendapat hak paten tersebut. Langkah ini diambil TVS sebagai upaya mengurangi emisi gas buang kendaraan dan menjaga lingkungan tetap bersih.

Umumnya kendaraan hybrid menggunakan dua sumber tenaga, motor listrik, dan mesin pembakaran. Biasanya, mesin pembakaran adalah sumber utama tenaga, sedangkan motor listrik memberikan tenaga tambahan. Demikian seperti dilansir dari Indianautosblog.

Teknologi hybrid pertama TVS pernah diperkenalkan kepada publik lewat motor konsepnya yaitu Qube di pameran Delhi Auto Expo pada 2010. Sepeda motor jenis skuter matik (skutik) ini pernah dibawa ke Indonesia tak lama setelah diperkenalkan di India.

Qube dibekali mesin cylinder 4 tak forced air cooler SOHC 87,8 cc. Mesin ini dihubungkan ke motor listrik sehingga mampu menghasilkan tenaga sebesar 5 bhp dengan torsi 5,8 nm. Sumber listriknya berasal dari baterai lithium-ion 48V.

Pada 2012, skutik itu kembali dipamerkan dengan mesin 109,7 cc, kemudian di Auto Expo 2014 bersamaan dengan motor lainnya bertenaga listrik. TVS Qube diklaim mampu menekan emisi sampai 30% dan hemat bahan bakar sebesar 30% dibanding skutik konvensional. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini