nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tiga Mobil yang Diklaim Paling Mahal

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Selasa 30 Mei 2017 00:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 05 30 15 1702806 tiga-mobil-yang-diklaim-paling-mahal-sSPORRJGge.jpg Rolls-Royce Sweptail (Autocar)

MILAN - Wajar bila beberapa pabrikan mobil mengkalim salah satu produk mereka memiliki harga paling mahal di dunia. Seperti mobil keluaran Rolls-Royce yaitu Sweptail. Mobil yang dipamerkan di ajang Concorso d’Eleganza Villa d’Este di Italia ini diklaim sebagai kendaraan baru termahal saat ini.

Mobil bergaya klasik yang menggunakan basis model Phantom tersebut mengalami modifikasi sesuai dengan pesanan klien.

CEO Rolls-Royce Torsten Muller Otvos menolak mengungkap berapa harga mobil tersebut. Dia hanya menjelaskan bahwa harga mobil ini jauh di atas model Rolls-Royce lainnya.

"Sangat mahal, sangat mahal," kata Torsten, seperti dikutip dari Autocar UK.

Spekulasi yang beredar, Sweptail menghabiskan dana setidaknya 10 juta poundsterling atau sekira Rp167 miliar.

Petinggi di Rolls-Royce lainnya memberikan petunjuk bahwa Sweptail bisa jadi sebagai mobil baru termahal di dunia yang pernah dibuat.

Menurut dia, tidak ada kesepakatan di awal antara klien dan pihak Rolls-Royce mengenai harga mobil. Pasalnya Sweptail dibuat dengan banyak perubahan dari model Phantom yang membuat harganya dinamis.

Pabrikan mobil asal Jerman, BMW, juga pernah mengklaim M1 buatan 1970-an adalah mobil sedan termahal di dunia. Mobil berperforma tinggi itu memang belum dan mungkin tidak akan pernah masuk ke pasar lelang, namun nilainya ditaksir mencapai USD60 juta atau sekira Rp800 miliar. Angka itu melebihi mobil lawas Ferrari 250GTO yang pernah terjual di ajang lelang, dilepas dengan harga USD38 juta.

Apa yang membuat harganya selangit? Rupanya mobil tersebut hasil desain seorang ahli dari Lamborghini, Giorgetto Giugiaro, untuk memenuhi pesanan BMW. Bukan hanya itu, tapi ada sentuhan tangan seorang seniman patung Alexander Calder. Seorang seniman John Balderassi yang memberikan tugas itu kepada Calder. Total ada 19 unit M1 3.0CSL yang bodinya dilukis dalam program Art Car.

Mobil ini merupakan karya Calder yang diturunkan di ajang balap ketahanan 24 jam Daytona, Florida. Tak ada prestasi membanggakan dibuatnya, yakni hanya finis ke-12 secara keseluruhan atau menempati posisi kedelapan di kelasnya.

Ada juga Mercedes Benz dengan produk SUV-nya yang diberi nama Mercedes-Maybach G 650 Landaulet. Harga per satu unitnya mencapai 500 ribu poundsterling atau sekira Rp8,2 miliar.

Tampil perdana di Geneva Motor Show 2017 di Swiss, Mercedes Benz hanya membuat Mercedes-Maybach G 650 sebanyak 99 unit.

Mempertegas kemewahannya, mobil ini menggunakan desain atap yang bisa dibuka. Meski besar, namun mobil ini didesain hanya untuk menampung empat orang. Dua penumpang di belakang mendapat perlakuan khusus karena memiliki leg room sangat luas serta bisa menikmati pemandangan dengan luas saat atapnya dibuka.

Penumpang di belakang juga dimanjakan dengan meja makan serta penghangat minuman. Untuk menghadirkan suasana privasi, antara jok pengemudi dan penumpang belakang terdapat partisi kaca yang bisa diaktifkan dengan hanya menekan tombol. Tingkat kegelapan kaca pun bisa diatur sesuai kebutuhan. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini