nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Permintaan Tinggi, Ada Kemungkinan Suzuki Ignis Diproduksi Lokal

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Kamis 01 Juni 2017 08:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 05 31 15 1704830 permintaan-tinggi-ada-kemungkinan-suzuki-ignis-diproduksi-lokal-A9FUWfp3dD.jpg Suzuki Ignis (Okezone)

JAKARTA - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan sport utility vehicle (SUV) perkotaan, Ignis, pada 17 April 2017. Saat ini, mobil tersebut masih dibawa dalam bentuk utuh atau completely built up (CBU) dari India. Suzuki berencana memproduksi secara lokal apabila permintaannya semakin tinggi.

"Ignis kan impor CBU dari India. Nanti kita mau lokalin. Ya nanti kita lihat timing (waktu) yang pasnya. Ya kita lihat berapa bulan dulu permintaannya," ujar Setiawan Surya, Deputy Managing Director 4W PT SIS.

Setiawan menambahkan kepastian produksi lokal biasanya menunggu sampai enam bulan sejak diluncurkan. Selain itu, untuk memproduksi suatu produk, banyak tahap yang harus dipersiapkan.

"Karena untuk lokalisasi produk, paling tidak kita butuh waktu satu tahun untuk persiapan mulai dari tooling sampai mulai produksi. Jadi ya kita lihat dulu," jelas Setiawan.

Suzuki Ignis memang sengaja didatangkan dari India, karena pabrik di sana dinilai siap memproduksi sekaligus menyuplai ke berbagai negara.

"Di sana memang start lebih dulu, sekarang Suzuki lebih hati-hati dalam berinvestasi karena kan investasi nilainya besar, jadi karena di sana sudah lebih dulu memproduksi Ignis. Tapi kita optimis kepada Ignis, karena kalau dilihat modelnya, umurnya bakal panjang nih kelihatannya, maksudnya modelnya gampang diotak-atik jadi kita lihat nanti," ujar Setiawan.

Ignis mengusung mesin 1.197 cc bertipe K12M, 4 silinder segaris, didukung variable valve timing (VVT), dan DOHC. Mesin mampu menghasilkan tenaga 83 ps dengan torsi 113 nm. Tenaga disalurkan melalui pilihan transmisi manual lima percepatan dan AGS (otomatis) ke roda depan. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini