Toyota C-HR Varian Apa yang Akan Diluncurkan di Indonesia?

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Jum'at 02 Juni 2017 23:49 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 02 15 1706546 toyota-c-hr-varian-apa-yang-akan-diluncurkan-di-indonesia-im5L80Rzl4.jpg Toyota C-HR (Paultan)

JAKARTA - Rumor mengenai kedatangan sport utility vehicle (SUV) Toyota C-HR sudah tercium sejak lama. PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku agen pemegang merek mobil Toyota di Indonesia pertama kali memamerkan C-HR dalam wujud produk konsep pada 2015. Lantas kapan Toyota meluncurkan C-HR versi kendaraan produksi di Indonesia?

"Harusnya tahun depan tapi kami sedang coba bisa tahun ini," ujar Executive General Manager Vehicle Sales Planning TAM, Fransiscus Soerjopranoto, di sela buka puasa bersama, di Jakarta, Jumat (2/6/2017).

Pertimbangan Toyota, tambah pria yang akrab disapa Soerjo itu, saat ini pihaknya mempunyai banyak pilihan produk yang ditawarkan ke konsumen.

Ia memastikan C-HR untuk pasar Indonesia akan diimpor meski belum ditentukan dari negara mana.

"Impor pastinya, antara dari Thailand atau Jepang. Sementara ini akan diimpor, tapi apabila volumenya besar bisa saja diproduksi lokal," tambah Soerjo.

Toyota menyediakan beberapa pilihan sumber tenaga untuk pesaing dari Honda HR-V dan Nissan Juke ini, seperti mesin 8NR-FTS 1,2 liter turbo bertenaga 115 ps pada 5.200 ke 5.600rpm dan torsi 185 nm antara 1.500 dan 4.000 rpm. Mesin tersebut terhubung ke transmisi manual enam percepatan atau CVT. Toyota menawarkan sistem penggerak dua dan empat roda.

Mesin 2 liter dengan tenaga 147 ps dan torsi puncak 187 nm. Mesin ini sama seperti yang digunakan oleh Corolla Altis.

Toyota juga menawarkan versi hybrid yang kemungkinan sama seperti yang digunakan oleh Prius terbaru, yakni dilengkapi dengan motor listrik dan mesin 1,8 liter. Tenaga total yang dihasilkan sebesar 122 ps.

Di antara mesin yang ada, lanjut Soerjo, TAM belum menentukan varian mana yang akan ditawarkan ke konsumen di Tanah Air, mengingat saat ini masih dilakukan survei.

"Mesin belum diputuskan kan dia (C-HR) ada 1,2 L, 1,5 L, ada turbo ada hybrid, sekarang masih studi. Kami sudah lakukan survei kepada konsumen kira-kira konsumen tertarik enggak terhadap C-HR, kelihatannya mereka tertarik. Tapi kami masih pelajari kira-kira grade mana yang jadi untuk ditawarkan. Saya belum bisa jawab tapi diusahakan peluncurannya secepat mungkin," pungkas Soerjo. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini