Share

Terjual 2.000 Unit per Bulan, Penjualan Toyota Sienta Jauh dari Target

Santo Evren Sirait, Okezone · Senin 05 Juni 2017 19:07 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 05 15 1708214 terjual-2-000-unit-per-bulan-penjualan-toyota-sienta-jauh-dari-target-0mO6YVSfvc.jpg Toyota Sienta (foto: Heru/okezone)

JAKARTA - PT Toyota Astra Motor (TAM) agen pemegang merek mobil Toyota di Indonesia resmi memasarkan multi purpose vehicle (MPV) Sienta pada Juli 2016. Penjualan Sienta terbilang stabil sekira 2.000 unit perbulannya.

"Sienta penjualan di retail-kan lebih stabil ya kalau enggak salah saya di April dan Mei lebih tinggi. Rata-rata per bulan 1.800-1.900 sampai 2.000 unit sekitar segitu, jadi memang cukup baik," ujar Vice President Director TAM, Henry Tanoto, di Jakarta.

Angka tersebut belum sesuai dengan target yang telah ditetapkan oleh TAM saat peluncurannya yaitu sebesar 3.000 unit. Meski begitu kata Henry pihaknya tetap optimis penjualan Sienta akan terus berkembang.

"Ya memang di market itu, MPV sliding door seperti Sienta ini perlu edukasi masyarakat lebih jauh. Tapi kami masih tetap confident, kan ini juga baru belum setahun. Kami kan terus edukasi ke customer tentang apa sih benefit dari kendaraan ini. Tapi memang perlu waktu, jadi kami masih tetap optimis untuk Sienta," tambah Henry.

Selain untuk pasar Domestik, Toyota melalui PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) juga mengekspor Sienta ke empat negara di Asia. Pasar terbesar ada di Thailand dan Malaysia.

"Ekspor ada, kita 500 sampai 1.000 unit paling besar Thailand dan Malaysia," timpal Warih Andang Tjahjono Presiden Direktur TMMIN pada kesempatan yang sama.

Di pasar Indonesia, saat ini Sienta bermain sendiri. Pesaing terdekatnya yaitu Honda Freed sudah tidak dipasarkan lagi sejak September 2016 oleh PT Honda Prospect Motor (HPM). Penghentian penjualan dilatarbelakangi penjualan Freed yang terus merosot.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini