Share

Toyota Amati Pengaruh Low MPV dari Wuling dan Mitsubishi

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Selasa 06 Juni 2017 09:37 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 06 15 1708557 toyota-amati-pengaruh-low-mpv-dari-wuling-dan-mitsubishi-wTKXJIGvdn.jpg Mitsubishi XM Concept (Foto: Okeozne)

JAKARTA - Dalam waktu dekat, pasar automotif Indonesia akan kedatangan produk baru yang mengisi segmen low multi-purpose vehicle (MPV). Ada dua pabrikan, yang pertama PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) agen pemegang merek mobil (APM) Wuling dengan produknya yang diberi nama Confero S.  Kedua adalah PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), APM Mitsubishi yang sampai saat ini belum membocorkan nama produknya. Yang jelas, produk tersebut adalah versi produksi dari XM Concept. Mengetahui bakal adanya pendatang baru terutama di segmen low MPV, PT Toyota Astra Motor (TAM) pun tidak tinggal diam.

"Wait and see kan dilihat cuma karena ingin tahu the real-nya seperti apa, tapi kami juga amati XM Concept. Jadi XM Concept kan GIIAS 2016 dan kemarin IIMS 2017, beberapa kali kesempatan juga diperlihatkan. Toyota juga perhatikan produknya mereka seperti apa, terus juga kita amati kekuatannya, kelemahannya seperti apa," ujar Executive General Manager Vehicle Sales Planning TAM, Fransiscus Soerjopranoto.

Dengan begitu, lanjut Soerjo, pihaknya menjadi tahu strategi perusahaan tersebut dalam memasarkan suatu produk. Selain itu, hal ini juga bisa menjadi referensi dalam pengembangan produk baru ke depannya. Namun untuk pengembangannya sendiri, butuh waktu yang panjang.

"Kalau kita bermain dengan produk strategi itu ada waktunya, untuk kita men-develop, tidak secepat itu. Nah itu yang kita butuh waktu, bukan berarti yang tadi dibilang wait and see itu bukan berarti kami diam saja," terang Soerjo.

Bukan hanya Toyota, kata Soerjo, mungkin agen pemegang merek mobil lainnya juga mengamati keberadaan dua low MPV terbaru ini. Sehingga timbul pemikiran cara agar pasarnya tidak termakan oleh pendatang baru.

"Kalau dulu dengan Avanza bisa jual 16.000 per bulan, Mobilio masuk sekira penjualannya 4.000-an unit. Kalau menurut saya dia (Honda) dapat marketnya sendiri. Mobilio bertahan dengan market 4.000 unit. Nanti gimana caranya Avanza itu kalau masuk, tidak hanya 10 ribu unit jualannya, kalau bisa lebih dari 10 ribu unit dan atau balik lagi ke 15.000-16.000 unit, pasti di situ ada strategi produk, harga, dan promotion, dan itu yang lagi kami develop, dan kapannya kita tidak bisa bicara sekarang," jelas dia.

Namun, Soerjo menyambut baik kedatangan dua low MPV baru tersebut. Dengan begitu, konsumen semakin memiliki banyak pilihan produk.

"Jadi intinya kalau ada Wuling dan XM Concept kami pasti ngamatin, semuanya tidak hanya Toyota termasuk Honda. Harapannya, pasarnya semakin besar karena konsumen semakin bayak pilihan. Bagaimanapun juga produk Wuling pasti ada saja yang beli, mau puluhan, ratusan, pasti ada," pungkas dia. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini