Share

Persaingan Low MPV Semakin Panas, Toyota Tak Akan Tinggal Diam

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Selasa 06 Juni 2017 23:46 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 06 15 1709414 persaingan-low-mpv-semakin-panas-toyota-tak-akan-tinggal-diam-Cxx8nKZV7D.jpg Mitsubishi XM Concept (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pasar low multi purpose vehicle (MPV) terbilang sangat subur. Maka tak heran ada banyak produsen mobil di Tanah Air yang mencoba peruntungan di segmen tersebut. Toyota dengan Avanza, Daihatsu punya produk Xenia, Honda ikut meramaikannya juga dengan Mobilio, dan Suzuki pun demikian dengan produknya Ertiga.

Suburnya pasar low MPV di Indonesia menimbulkan rasa ketertarikan PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) dan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), untuk ikut bermain di segmen tersebut. Rencannya kedua pabrikan itu bakal meluncurkan produknya pada Agustus 2017. Dengan masuknya produk low MPV baru dari Wuling dan Mitsubishi, itu artinya persaingan di kelas tersebut semakin panas.

Mengetahui bakal adanya pemain baru di segmen low MPV, PT Toyota Astra Motor (TAM) pun tidak tinggal diam.

"Wait and see kan dilihat cuma karena ingin tahu the real-nya seperti apa, tapi kami juga amati XM Concept. Jadi XM Concept kan GIIAS 2016 dan kemarin IIMS 2017, beberapa kali kesempatan juga diperlihatkan. Toyota juga perhatikan produknya mereka seperti apa, terus juga kita amati kekuatannya, kelemahannya seperti apa," ujar Executive General Manager Vehicle Sales Planning TAM, Fransiscus Soerjopranoto.

Dengan begitu, lanjut Soerjo, pihaknya menjadi tahu strategi perusahaan tersebut dalam memasarkan suatu produk. Selain itu, hal ini juga bisa menjadi referensi dalam pengembangan produk baru ke depannya. Namun untuk pengembangannya sendiri, butuh waktu yang panjang.

"Kalau kita bermain dengan produk strategi itu ada waktunya, untuk kita men-develop, tidak secepat itu. Nah itu yang kita butuh waktu, bukan berarti yang tadi dibilang wait and see itu bukan berarti kami diam saja," terang Soerjo.

Mengenai low MPV Mitsubishi sampai sekarang belum dibocorkan bentuk aslinya seperti apa.  Pada pameran automotif GIIAS tahun lalu, Mitsubishi memperkenalkan XM Concept yang merupakan acuan desain dari produk low MPV-nya. XM Concept merupakan kendaraan keluarga dengan memadukan fungsionalitas dan desain kendaraan SUV dengan MPV. Inilah yang membedakan low MPV Mitsubishi dengan para pesaingnya di pasar Indonesia.

Sementara itu Wuling sudah memberikan nama bagi produknya yaitu Confero S. Pabrikan yang bermarkas di China ini tidak hanya menjual produk saja tapi melakukan investasi yang tidak sedikit untuk membangun pabrik Wuling di Bekasi. Saat ini Wuling masih tertutup soal spesifikasi produknya tersebut. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini